Kompas TV nasional agama

Wapres Ma'ruf Amin : Isra Mi'raj Mengajarkan Kepemimpinan yang Sabar

Kompas.tv - 11 Maret 2021, 06:05 WIB
wapres-ma-ruf-amin-isra-mi-raj-mengajarkan-kepemimpinan-yang-sabar
Perayaan Isra Mi' raj di Kementerian Agama (Sumber: Humas Kemenag-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin mengatakan peringatan Isra' Mi'raj merupakan peristiwa spiritual penting dan monumental bagi umat Islam. Peristiwa itu menyatakan tanda-tanda kebesaran Allah melalui perjalanan Nabi Muhammad saw.

Perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram ke Masjdil Aqsa dan menuju langit, menjemput perintah Allah kepada umat untuk menunaikan salat lima waktu.

Namun dalam kehidupan kepemimpinan masa kini, menurut Ma'ruf Amin, Isra Mi'raj juga pelajaran untuk bersikap sabar dan bijaksana.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Minta Wajib Pajak Tidak Tunggu Jatuh Tempo untuk Laporkan SPT

"Peristiwa tersebut juga mengajarkan perlunya  sikap kepemimpinan yang sabar, bijaksana, dan berkeadilan dalam menyampaikan misi dakwah dengan membangun umat lewat sikap moderat," kata Wapres dalam acara peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW Tingkat Kenegaraan Tahun 2021M/1442H yang diselenggarakan secara luring dan daring di Auditorium HM Rasjidi Kantor Kementerian Agama Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Rabu (10/3/2021) malam.


Menurut Wapres, Isra Mi'raj juga mengajarkan bersikap moderat dalam berbagai hal.Mulai dari bersikap hingga beribadah yang tidak berlebihan dengan bersikap wasatiyah.

"Sikap moderat Nabi Muhammad ini sangat relevan dijadikan pedoman dalam memajukan bangsa Indonesia secara bersama-sama berdasarkan Pancasila dan UUD 1945," pesannya.

Wapres menjelaskan dalam perspektif Islam, bangsa Indonesia dibangun berdasarkan kesepakatan dengan cara mengembangkan prinsip persaudaraan sesama anak bangsa dan persaudaraan Islam.

"Saya mengajak mari kita bekerja keras dan bergotong royong mewujudkan Indonesia yang maju dan sejahtera dengan berbuat kebajikan dan amal saleh yang pasti diganjar Allah dengan kehidupan yang baik di dunia serta balasan di akhirat kelak," ajaknya.

Baca Juga: Viral Kabar Wapres Ma'ruf Amin Bolehkan Miras Demi Kas Negara, MUI: Itu Hoax

"Sampai saat ini bangsa kita masih menghadapi pandemi. Mari kita terua bermohon kepada Allah agar pandemi segera berakhir dan terus berikhtiar bersama lewat vaksinasi nasional. Saya mengajak maayarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan sembari memohon pertolongan dan perlindungan dari Allah," tandas Wapres.


Tampak hadir dalam acara ini  Menag Yaqut Cholil Qoumas, para tokoh agama, serta jajaran pejabat Kemenag pusat.  Secara daring, gelaran Isra' Mi'raj 2021 juga diikuti para duta besar negara sahabat, Menteri Kabinet Indonesia Maju, segenap keluarga besar PTKIN, Kanwil Kemenag se Indonesia, perwakilan ormas Islam dan undangan lainnya.

Sementara tausiyah diberikan oleh  Ustadz  Das'ad Latif yang juga dosen dan peneliti Universitas Hasanuddin Makassar.
 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x