Kompas TV nasional politik

Megawati Minta Tukar Posisi dengan Puan, Pengamat Nilai Kode Keras Estafet Kepemimpinan

Kompas.tv - 24 Mei 2024, 20:25 WIB
megawati-minta-tukar-posisi-dengan-puan-pengamat-nilai-kode-keras-estafet-kepemimpinan
Foto arsip. Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP Puan Maharani. Keduanya dijadwalkan menyampaikan pidato politik pada hari pertama Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-V PDI-P, Jumat (24/5/2024). (Sumber: Warta Kota/Henry Lopulalan)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kelakar Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri yang meminta bertukar posisi dengan Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI dinilai sebagai sinyal estafet kepemimpinan.

Pengamat politik dari Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam menilai kelakar bertukar posisi tersebut merupakan dukungan politik dari Megawati kepada Puan untuk melanjutkan kepemimpinan partai. 

"Puan Maharani mendapatkan dukungan politik terbuka dari Ketum PDI-P Megawati Soekarnoputri sebagai calon Ketum PDI-P selanjutnya. Statement Mega ini merupakan sinyal kuat akan terjadinya regenerasi kepemimpinan PDI-P dalam Kongres PDI-P mendatang," ujar Umam, Jumat (24/5/2024), dikutip dari Kompas.com

Umam menambahkan, pernyataan Megawati itu juga bisa diartikan sebagai kode bagi struktur partai untuk mulai mengonsolidasikan kekuatan mendukung Puan sebagai penerus Megawati ke depan.

Umam pun menilai wajar apabila Megawati memilih Puan karena Puan adalah anak biologis dan ideologis Presiden kelima Republik indonesia itu. 

Baca Juga: Momen Megawati Tahan Tangis, hingga Kader PDIP Teriakan Nama Jokowi di Rakernas

"Yang tidak akan mungkin mengkhianati agenda perjuangan ibunya sendiri," ujarnya.

Terpisah, politikus PDI-P Masinton Pasaribu menilai permintaan Megawati untuk bertukar posisi dengan Puan merupakan candaan. 

Ia juga tidak melihat hal lain dalam candaan tersebut. Apalagi kesimpulan yang mengarah kepada sinyal untuk estafet kepemimpinan.

"Itu sebagai jokes beliau, lah. Tapi kan Ibu Mega kan tidak mungkin menjadi Ketua DPR karena beliau bukan anggota DPR RI, ya itu lebih pada jokes. Kalau regenerasi partai itu kan pembahasan dalam kongres, bukan di forum Rakernas ini," ujar Masinton di program Kompas Petang KOMPAS TV, Jumat (24/5/2024). 

Sebelumnya, Megawati Soekarnoputri berkelakar mengajak putrinya, Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDI-P Puan Maharani, untuk bertukar jabatan.

Baca Juga: PDIP Bahas Sikap Politik ke Prabowo-Gibran di Rakernas, Megawati dan Puan Sampaikan Pidato

Awalnya, Megawati menyindir Puan yang sering bertugas ke luar negeri karena jabatannya sebagai Ketua DPR RI.

"Jadi saya kalau beliau (Puan) pamit kemarin ikut di Bali, lalu kapan itu ke Meksiko," ujar Megawati saat pidato pembukaan Rakernas PDIP V PDI-P di Ancol, Jakarta, Jumat (24/5/2024).

Kemudian, Megawati pun berceloteh meminta tukar posisi dengan Puan.

"Jadi terus saya bilang gantian lah sama saya, saya deh yang jadi Ketua DPR, kamu yang jadi Ketua Umum, haha," ujarnya. 


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x