Kompas TV regional berita daerah

Mahasiswa Isi Waktu Luang dengan Membuat Id Card dan Dompet dari Kulit Hewan

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 19:17 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Banyaknya waktu luang selama kuliah daring, dimanfaatkan oleh sejumlah mahasiswa di Jember Jawa Timur dengan membuat kerajinan id card, dompet dan sarung pistol. Uniknya bahan kerajinan berasal dari limbah kulit domba dan sapi.

Sekelompok mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember Jawa Timur sibuk memproduksi kerajinan id card, dompet dan sarung pistol berbahan kulit domba dan sapi.

Produksi dilakukan di rumah kontrakan di Perum Tegal Besar Residence Kecamatan Kaliwates. Mereka berjumlah 4 orang dan saling berbagi tugas sesuai kemampuan masing – masing.

Kulit domba dan sapi dipilih karena kualitasnya bagus dan awet. Proses produksinya dimulai dengan memilih bahan kulit, memotong ukuran kulit dan mendesain sesuai bentuk yang diinginkan.

Pembeli juga bisa memesan secara khusus nama, logo instansi, nama kelompok usaha atau foto di atas id card, dompet dan sarung pistol. Permintaan nama, logo atau gambar dilakukan dengan teknik grafir, yakni menggunakan alat laser sehingga hasilnya halus, seperti lukisan.

Baca Juga: Budidaya Madu Lebah Klanceng Bumbung Bambu, Pembeli Bisa Menikmati di Sarangnya

Salah satu perajin, Agung Dwi Susilo mengatakan hasil kerajinan dipasarkan secara online dengan harga bervariasi mulai dari 70 ribu hingga 120 ribu rupiah per buah

Agung Dwi Susilo bersama teman-temannya tidak menyangka, berawal dari coba-coba mengisi waktu luang kuliah daring, hasil kerajinan mereka mendapat respon positif dari masyarakat.

Dalam sebulan, rata - rata produksi mencapai 500 buah dengan penghasilan 5 hingga 7 juta perbulan.

 

#KerajinanTangan #Dompet #IdCard #KulitDomba #KulitSapi




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x