Kompas TV nasional peristiwa

Dipastikan Laki-laki, Aprilia Manganang akan Ubah Namanya

Kompas.tv - 10 Maret 2021, 13:51 WIB
dipastikan-laki-laki-aprilia-manganang-akan-ubah-namanya
Aprilia Santini Manganang, kini menjadi laki-laki tulen. Sebelumnya, dia tercatat sebagai atlet voli wanita Indonesia.  (Sumber: Instagram/@manganang)
Penulis : Danang Suryo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan atlet voli putri Indonesia yang merupakan Sersan Dua di TNI, Aprilia Manganang akan mengubah namanya setelah dipastikan sebagai laki-laki.

Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI mengatakan pihaknya telah menyiapkan seluruh dokumen untuk membantu Manganang.

"Direktur Hukum Angkatan Darat Brigjen TNI Tetty sudah menyiapkan seluruh dokumen untuk membantu Sersan Manganang apa yang dia inginkan," ujarnya ketika jumpa pers di Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Selasa (09/03/2021).

Baca Juga: Aprilia Manganang Resmi Laki-laki, Kapten Timnas Voli Putri: Mau Komentar Apa Juga Bingung

Nama Aprilia Manganang bisa diubah sesuai dengan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Kependudukan. Kini perubahan nama Manganang tengah diajukan di Pengadilan Negeri Tondano.

Aprilia mengaku bersyukur dan berterima kasih kepada segenap pihak yang membantunya. "Saya bahagia banget. Puji Tuhan Yesus saya bisa melewati ini," ujarnya.

Seperti diberitakan Kompas.tv, ditemukan kejanggalan pada kondisi fisik Aprilia Manganang setelah menjalani pemeriksaan medis pertama.

Baca Juga: Cerita Aprilia Manganang Ketika Harus Berdandan dan Memakai Sepatu Hak Tinggi Hingga Cedera

Prajurit TNI aktif berpangkat sersan dua itu langsung diberangkatkan ke Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Hasil pemeriksaan lanjutan ternyata Manganang lebih memiliki organ tubuh laki-laki. "Dari hasil pemeriksaan, ternyata Apilia Manganang lebih memiliki organ laki-laki, bahkan tidak ada ditemukan organ internal jenis kelamin wanita," tutur Andika.

Baca Juga: 7 Fakta Aprilia Manganang Idap Hipospadia

Aprilia Manganang sudah menyelesaikan operasi pertama dari dua operasi yang harus dijalaninya. Andika menegaskan bahwa Aprilia Manganang bukanlah transgender maupun interseks.

“Aprilia Manganang bukan transgender. Bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya," jelas Andika.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x