Kompas TV nasional sapa indonesia

Kisah Pilu Prajurit TNI Alami Kelumpuhan Usai Disengat Tawon Saat Latihan

Senin, 8 Maret 2021 | 18:42 WIB

KOMPAS.TV - Empat tahun sudah, Kopral Kepala Ade Casmita duduk di kursi roda, di rumahnya di Desa Dawuan Kaler, Kecamatan Dawuan, Subang, Jawa Barat.

Kopka Ade lumpuh seusai disengat 8 tawon vespa afinis saat latihan di Ambal, Kebumen, Jawa Tengah, 4 tahun lalu.

Ketika itu, Ade yang terampil di bidang kelistrikan dan telekomunikasi, akan memasang perangkat radio penunjang latihan. 

Ia harus memanjat menara setinggi 70 meter dan menemukan sarang tawon.

Demi keselamatan agar tidak jatuh, Kopka Ade mengambil dan membungkus sarang tawon itu dengan plastik. 
Namun petaka datang, 8 ekor tawon menyengat sekujur tubuh Kopka Ade.

Kopka Ade masih bisa turun dari menara, meski dalam kondisi sakit, hingga akhirnya ia dipulangkan. 

Kopka Ade sempat diobati, tetapi mengalami kelumpuhan beberapa hari kemudian.

Kopka Ade kemudian dipindahkan ke Kodim 0605 Subang, dan masih menjalani pengobatan. 
Gaji sebagai prajurit TNI, seluruhnya digunakan keluarga untuk biaya pengobatan dan cicilan rumah.

Beruntung, Kopka Ade memiliki istri yang tangguh. Sang istri berjualan seblak, jajanan khas Bandung untuk mencukupkan kebutuhan sehari-hari.

Kondisi Kopka Ade menjadi perhatian.

Jajaran Kodim 0605 Subang memberikan bantuan untuk kesembuhan Kopka Ade. Bahkan, anak sulung Kopka Ade, tengah dalam pelatihan khusus agar bisa memenuhi kualifikasi untuk masuk menjadi anggota TNI.
 

Penulis : Anjani Nur Permatasari





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:19
BMKG IMBAU MASYARAKAT TIDAK MELAKUKAN PELAYARAN KHUSUSNYA PAPUA UTARA, MALUKU UTARA, DAN SULAWESI UTARA   KETUA KOMISI VIII DPR YANDRI SUSANTO TEKANKAN PENTINGNYA PROKES KETAT DALAM PENYELENGGARAAN SEKOLAH TATAP MUKA   JUBIR VAKSINASI KEMENKES: 15,1 JUTA DOSIS VAKSIN SUDAH TERMASUK DOSIS PERTAMA DAN KEDUA   KEMENTERIAN KESEHATAN SEBUT VAKSINASI COVID-19 TELAH MENCAPAI 15,1 JUTA DOSIS   ASITA MINTA PEMERINTAH BERI SUBSIDI TERKAIT BIAYA TAMBAHAN HAJI YANG DINILAI MEMBERATKAN CALON JEMAAH HAJI   KKP AJAK MASYARAKAT AGAR DAPAT MEMENUHI ASUPAN PROTEIN YANG DIBUTUHKAN SAAT JALANI IBADAH PUASA    MENAKER IDA FAUZIYAH SEBUT PEMBAYARAN THR PALING LAMBAT 7 HARI SEBELUM HARI RAYA KEAGAMAAN   KETUA DPR PUAN MAHARANI: RAMADAN MOMENTUM TINGKATKAN KEPEDULIAN PADA SESAMA   KETUA DPR PUAN MAHARANI AJAK MASYARAKAT JADIKAN IBADAH PUASA SEBAGAI MOMENTUM TINGKATKAN TAKWA DAN KEPEDULIAN   KEPALA KSP MOELDOKO: MASA TRANSISI PENGELOLAAN TAMAN MINI INDONESIA INDAH (TMII) SUDAH DIMULAI   PRESIDEN JOKOWI SEBUT INDONESIA TELAH MEMILIKI SEKITAR 2.193 PERUSAHAAN RINTISAN   PRESIDEN JOKOWI SEBUT PERKEMBANGAN EKONOMI DIGITAL RI MERUPAKAN YANG TERCEPAT DI ASIA TENGGARA   PRESIDEN JOKOWI: SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA, SEMOGA NEGERI INI DIJAUHKAN DARI PENYAKIT DAN BENCANA   PANDEMI COVID-19, GUBERNUR DKI INGATKAN WARGA HINDARI BUKA PUASA BERSAMA DAN KUMPUL KELUARGA SELAMA RAMADAN