Kompas TV nasional kesehatan

Hoaks, Jambu Kristal Putih Bisa Jadi Penangkal Covid-19

Kamis, 4 Maret 2021 | 13:47 WIB
hoaks-jambu-kristal-putih-bisa-jadi-penangkal-covid-19
Ilustrasi hoaks jambu kristal putih penangkal Covid-19 (Sumber: SHUTTERSTOCK/WOOCAT)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Ahli gizi UGM Aviria Eramilia membantah isu di media sosial yang mengatakan jambu kristal bisa menangkal Covid-19. Ia menegaskan sampai saat ini belum ada makanan yang secara spesifik digunakan untuk mencegah atau sebagai antivirus Covid-19.

“Belum ada studi klinis secara spesifik terkait jambu kristal sebagai penangkal Covid-19,” ujarnya, Kamis (4/3/2021).

Meskipun demikian, ia tidak menampik jika jambu kristal putih kaya kandungan gizi. Di dalamnya banyak vitamin, mineral, serta serat yang bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya, vitamin C yang tidak jauh berbeda dengan jambu biasa.

Baca Juga: IDI: Obat Penangkal Covid-19 Milik Hadi Pranoto Perlu Pembuktian

Daging buah pada jambu kristal putih juga lebih banyak ketimbang jenis jambu lainnya karena kandungan bijinya hanya sekitar tiga persen. Tingkat kemanisan jambu kristal putih lebih merata dan cenderung lebih tinggi ketimbang jambu biasa.

“Kandungan vitamin C dalam jambu kristal putih memiliki manfaat dalam membantu meningkatkan imunitas tubuh. Dengan begitu tubuh tidak mudah terjangkit penyakit, virus, maupun bakteri,” ucapnya.

Menurut Aviria, karena kandungan vitamin C dan mineral yang tinggi ini sehingga bisa mendukung kekebalan atau imunitas tubuh. Mungkin, ini yang membuat jambu kristal putih kerap diidentikkan dengan penangkal Covid-19 walaupun belum ada studi klinis.

Penulis : Switzy Sabandar





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:23
PT PLN: PEMULIHAN LISTRIK AKIBAT BENCANA DI NTT CAPAI 93,4 PERSEN   KEMENPERIN DORONG PERUSAHAAN RINTISAN BIDANG TEKNOLOGI UNTUK PERCEPATAN TRANSFORMASI DIGITAL DI SEKTOR INDUSTRI   MENKOP UKM TETEN MASDUKI SEBUT DIGITALISASI BAGIAN PENTING PENGUATAN EKONOMI PELAKU UMKM   SEBANYAK 13.815 WARGA LANSIA DI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TERIMA VAKSINASI COVID-19   MENKES SERAHKAN SANTUNAN KEMATIAN KE 11 AHLI WARIS TENAGA KESEHATAN YANG GUGUR DALAM PENANGANAN COVID-19 DI DKI   PEMKOT JAKARTA SELATAN GANDENG TNI DAN POLRI GENCARKAN OPERASI TERTIB MASKER   MENTERI PPN SUHARSO MONOARFA: PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TAMAN NASIONAL BALURAN JADI PRIORITAS NASIONAL   PEMPROV DKI JAKARTA RESMI UJI COBA TAHAP PERTAMA JALAN LAYANG CAKUNG   KLAIM KASUS COVID-19 TERUS MENURUN, PEMKOT BOGOR HENTIKAN OPERASIONAL RS LAPANGAN   GUBERNUR DKI SEBUT KEBIJAKAN SURAT IZIN KELUAR MASUK HARUS TERINTEGRASI SECARA NASIONAL   KAPUSPEN TNI TEGASKAN PIHAKNYA AKAN MEMPROSES & TERUS KEJAR EKS PRAJURIT YANG TERGABUNG DALAM KKB DI PAPUA   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO IMBAU MASYARAKAT TIDAK MUDIK SEBELUM 6 MEI 2021    MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT PARTISIPASI WARGA LANSIA DALAM VAKSINASI COVID-19 RENDAH KARENA BANYAK YANG TAKUT   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA KEPOLISIAN SEGERA MENANGKAP JOZEPH PAUL ZHANG YANG MENGAKU NABI KE-26