Kompas TV regional berita daerah

Penemuan Situs Purbakala di Lereng Gunung Bromo, Diduga Peninggalan Kerajaan Singosari

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 20:57 WIB
Penulis : KompasTV Jember

PROBOLINGGO, KOMPAS.TV - Sebuah situs purbakala ditemukan di kebun stroberi yang terletak di Lereng Gunung Bromo Probolinggo Jawa Timur. Situs berupa bongkahan batu itu diduga benda peninggalan kerajaan Singosari.

Situs bersejarah itu ditemukan di tengah area kebun stroberi Desa Sapikerep Kecamatan Sukapura Kabupaten Probolinggo. Pemerintah desa langsung mensterilisasi lokasi penemuan dengan garis larangan masuk.

Baca Juga: Tim BPCB Temukan Benda Bersejarah di Situs Gedog yang Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit

Situs itu berupa tumpukan batu paras yang tertata rapi menyerupai kolam dengan ukuran 4x2 meter. Diameter batu paras berbentuk huruf X sekitar 30x60 centimeter. Permukaan atas batu banyak yang rusak, retak dan terlepas dari rangkainnya.

Sejarawan Tengger, Siswo Winardi mengatakan situs itu diduga kolam pemandian atau tempat kremasi. Benda itu diduga peninggalan Kerajaan Singasari yang berdiri tahun 1222 silam dan sudah terendap dalam tanah selama 800 tahun lebih.

Baca Juga: Bangunan Kuno Terpendam di Bawah Sawah Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit

Kepala Desa Sapikerep, Suwandi mengatakan bahwa sebelumnya warga juga menemukan sebuah prasasti yang menyebutkan bahwa Desa Sapi Kerep merupakan Ibukota Kadipaten Tengger saat masa Kerajaan Singosari.

Temuan itu telah dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan untuk sementara kebun stroberi ditutup bagi wisatawan.

Temuan itu juga akan dilaporkan ke Balai Pelestari Cagar Budaya Trowulan agar dilakukan penelitian soal keaslian batu dan tahun pembuatannya.

 

#SitusPurbakala #KerajaanSingosari #GunungBromo #Sejarawan #Tengger



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x