Kompas TV regional berita daerah

Tim BPCB Temukan Benda Bersejarah di Situs Gedog yang Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit

Jumat, 9 Oktober 2020 | 10:55 WIB

BLITAR, KOMPAS.TV - Puluhan benda bersejarah ditemukan saat proses penggalian Candi Gedog di Kota Blitar Jawa Timur. Dari relief yang terdapat di sejumlah benda tersebut diduga situs gedog merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Penggalian atau ekskavasi di Candi Gedog di Kecamatan Sananwetan Kota Blitar dilakukan oleh Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya atau BPCB Jawa Timur.

Baca Juga: Bangunan Kuno Terpendam di Bawah Sawah Diduga Peninggalan Kerajaan Majapahit

Tim ahli menggali satu persatu sisi yang diduga jadi bagian candi gedog. Meski masih dilakukan penggalian sedalam 1 setengah  meter, namun sejumlah benda bersejarah telah ditemukan, ada batu bata berukuran besar hingga relief bebatuan.

Ketua Tim Ekskavasi BPCB Jatim, Nugroho Harjo Lukito mengatakan bahwa dari hasil penelitian sementara, relief bebatuan tersebut diduga kuat merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.

Meski kondisinya sudah tidak utuh, namun ukiran yang menjadi ciri khas Kerajaan Majapahit masih terlihat jelas.

Baca Juga: Penemuan Arca dan Yoni Diduga Peninggalan Kerajaan Kediri

Temuan ini memperkuat temuan raffles pada abad ke 19 yang menyebutkan Candi Gedog memiliki relief ukiran yang indah. Selain candi, tim BPCB juga memperkirakan ada sebuah patirtaan atau tempat mandi Dewa Dewi.

Pjs. Wali Kota Blitar, Jumadi berharap proses ekskavasi bisa mengungkap sejarah tentang Candi Gedog agar kedepannya bisa menjadi objek wisata edukasi. Ia juga berharap proses ekskavasi tidak merusak Candi Gedog.

Rencananya ekskavasi ini akan dilakukan selama 8 hari, nantinya seluruh temuan akan dikumpulkan terlebih dahulu sebelum dipindahkan ke Balai Pelestarian Cagar Budaya Trowulan.

 

#CandiGedog #KerajaanMajapahit #KotaBlitar #BendaBersejarah

Penulis : KompasTV Jember





BERITA LAINNYA


Sosial

Jam Operasional Baru KRL Jakarta

Kamis, 6 Mei 2021 | 22:47 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
23:02
MULAI HARI INI, KENDARAAN BERAT DILARANG MELINTASI JEMBATAN PLOSO DI JOMBANG KARENA USIA JEMBATAN MAKIN TUA   SEBANYAK 127 KENDARAAN DIMINTA PUTAR BALIK DI PERBATASAN BLITAR-MALANG, MAYORITAS TAK BAWA SURAT JALAN   POLRES TEGAL TILANG DAN MENAHAN 10 TRAVEL GELAP YANG MENGANGKUT PEMUDIK   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO MINTA PENGUSAHA BERKOMITMEN BAYARKAN THR PENUH KEPADA KARYAWAN   WALI KOTA ODED M DANIAL MOHON WARGA TIDAK MUDIK DI TENGAH KASUS COVID-19 YANG TERUS MENINGKAT   DISNAKER KOTA TANGERANG IMBAU KARYAWAN SWASTA YANG BERMASALAH PEMBAYARAN THR SEGERA MELAPOR KE POSKO PENGADUAN   KPPU: HARGA DAGING AYAM DAN SAPI NAIK KARENA MASALAH KETERSEDIAAN PASOKAN   DISHUB DKI: SIKM HANYA DIPERLUKAN UNTUK PERGERAKAN ORANG KELUAR DAERAH AGLOMERASI   DISHUB DKI SEBUT PERGERAKAN WARGA DI WILAYAH JABODETABEK TAK PERLU SIKM   TERMINAL PULO GEBANG & TERMINAL KALIDERES JADI 2 TERMINAL BUS DI JAKARTA YANG TETAP BEROPERASI SELAMA LARANGAN MUDIK   TERMINAL PULO GEBANG, JAKTIM, TAK BATASI KEBERANGKATAN BUS BERSTIKER KHUSUS SELAMA PERIODE LARANGAN MUDIK LEBARAN   AIRFAST, BATIK AIR, & GARUDA INDONESIA MASIH BEROPERASI DARI BANDARA SOEKARNO-HATTA DI HARI PERTAMA LARANGAN MUDIK   POLRI: 1.070 KENDARAAN DI GT CIKARANG BARAT DAN CIKUPA DIPAKSA PUTAR BALIK DI HARI PERTAMA LARANGAN MUDIK   SATGAS COVID-19: PELAKSANAAN VAKSIN GOTONG ROYONG SEDANG DIKOORDINASIKAN ANTARA BIO FARMA DAN KADIN