Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Wahai Para Sultan, Sekarang Ada Taksi Helikopter di Bandara Soetta

Kompas.tv - 26 Februari 2021, 14:40 WIB
wahai-para-sultan-sekarang-ada-taksi-helikopter-di-bandara-soetta
Heliport Whitesky Aviation di Bandara Soetta (Sumber: Instagram @whiteskyaviation)
Penulis : Dina Karina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jika tak ingin terjebak macet saat menuju Bandara Soekarno-Hatta, kini anda bisa menggunakan layanan taksi helikopter. PT Angkasa Pura II (AP I) bekerja sama dengan PT Whitesky Aviation menyediakan layanan tersebut, dengan tarif mulai Rp 8 juta - Rp 20 juta.

Besaran tarif bisa diketahui lewat aplikasi yang dibuat Whitesky, tergantung dari titik keberangkatan  dan fasilitas yang diinginkan penumpang.

Baca Juga: Penumpang Anjlok Saat PPKM Mikro, Garuda Sambut Penggunaan GeNose di Bandara

"Kita sendiri punya apps di situ ada distance-nya dari Cengkareng heliport ke 72 titik di Jakarta dan Jabodetabek, dan range price sekitar Rp8 jutaan hingga Rp20 jutaan itu facility-nya ada 3 sampai 4 passenger, "
kata CEO Whitesky Aviation Denon Prawiraatmadja, dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (26/02/2021).

Whitesky menyediakan dua jenis helikopter, yaitu helicity serta helikopter kelas VIP. Helicity adalah tipe helikopter dengan tarif yang terjangkau, helikopter kelas VIP harganya lebih tinggi.

Baca Juga: Politikus PAN Soroti Anggaran MotoGP dan  Sewa Helikopter di Kemenkes

Masyarakat juga bisa menyewa helikopter dengan tarif diatas Rp 20 juta, untuk kapasitas 4-8 penumpang.

Sebenarnya, layanan ini sudah ada sejak 2019 sebelum pandemi Covid melanda. Yaitu sejak bandara helikopter komersial dibuka di Soekarno-Hatta dengan investasi Rp 80 miliar.

Pertimbangannya, saat itu Bandara Soetta melayani 60 juta penumpang dan lebih dari 40 maskapai. Sehingga sangat potensial untuk pangsa pasar taksi helikopter.

Baca Juga: Ivan Gunawan Beberkan Diam-diam Ruben Onsu Punya Helikopter

Whitesky pun akan mengadakan promo agar lebih banyak masyarakat yang tertarik menggunakan taksi helikopter.

"Kalau helicity ini sebetulnya ada banyak sekali program promo. Jadi jam-jam tertentu yang memang kita hitung akan peminatnya sedikit. Itu yang akan kita coba tawarkan untuk jadi program promo, " terang Denon.

Salah satu strategi yang akan dilakukan Whitesky agar bisa menggelar promo, adalah bernegosiasi dengan pihak bank atau leasing untuk mendapatkan pembiayaan yang kompetitif.

Baca Juga: GeNose Hadir di Bandara 1 April, Biaya Naik Pesawat Lebih Murah

"Saya berharap nanti ke depannya kalau helikopter ini sudah cukup marak tentu bank pemerintah atau bank lokal mempunyai minat untuk berpartisipasi sama kita di dalam pengadaan helikopter ini, tentu harganya juga lebih affordable menurut saya," jelas Denon.

Saat ini, bandara helikopter (heliport) di Soetta terdiri dari 10 hanggar yang dapat menampung 50 helikopter jenis Bell 505 atau setara dengan 20 unit helikopter Bell 429/Airbus H130.

Whitesky akan mengembangkan heliport dengan menambahkan fasilitas shooting point dan instalasi lampu untuk mendukung penerbangan malam, customer lounge, cafe, kantor, fasilitas beserta person evacuation medic (heli medis).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x