Kompas TV nasional peristiwa

Kominfo Pastikan "Peringatan Pemblokiran" yang Beredar di Facebook Penipuan

Kamis, 25 Februari 2021 | 07:28 WIB
kominfo-pastikan-peringatan-pemblokiran-yang-beredar-di-facebook-penipuan
"Peringatan Pemblokiran” yang beredar di Facebook dipastikan hoaks

JAKARTA, KOMPAS.TV- Telah beredar sebuah akun Facebook dengan nama “Peringatan Pemblokiran” yang membagikan foto profil dari pengguna dan menambahkan narasi seolah-olah pesan tersebut berasal dari tim Facebook tentang pemblokiran akun. Dalam pesan tersebut juga disematkan link untuk verifikasi pembatalan pemblokiran. 

Namun, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan penelusuran terhadap informasi tersebut.

Baca Juga: Menkominfo: UU ITE Telah Diuji Ke MK 10 Kali, Semua Ditolak

"Hasilnya, informasi tersebut tidak benar atau hoaks. Diketahui tautan yang disematkan bukan merupakan domain resmi Facebook," demikian penjelasan Kominfo seperti diliat laman kominfo. go.id.

Baca Juga: Tidak di-Unfriend Lagi, Akhirnya Facebook dan Australia Berbaikan

Berdasarkan penelusuran Kominfo, tautan resmi Facebook adalah www.facebook.com. Pihak Kominfo juga berpesan agar hal tersebut perlu diwaspadai.

Sebab pesan yang telah beredar itu hanya narasi buatan yang diduga melakukan penipuan dengan menyebarkan link phising. Ketika link tersebut diklik, pengguna akan diarahkan untuk melakukan login dengan memasukan email dan password Facebook.

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:43
TELEVISI ABC: 70% BANGUNAN DI KALBARRI, AUSTRALIA BARAT, RUSAK AKIBAT DITERJANG SIKLON SEROJA   MUFTI BESAR ARAB SAUDI SHEIKH ABDUL AZIZ AL-ASHEIKH TEGASKAN VAKSIN COVID-19 TIDAK MEMBATALKAN PUASA   KAPOLDA PAPUA: KEDUA KORBAN KKB MERUPAKAN GURU, MEREKA HADIR DI SANA UNTUK MENCERDASKAN GENERASI MUDA   KAPOLDA PAPUA MEMBANTAH TUDINGAN KKB YANG MENYEBUT 2 GURU YANG DITEMBAK ADALAH MATA-MATA TNI POLRI   KAPOLDA PAPUA MINTA KKB YANG MENEMBAK 2 GURU DI DISTRIK BEOGA TAK KELUARKAN PEMBENARAN MACAM-MACAM   KKB MEMBAKAR 9 RUANG SMPN 1 BEOGA DAN 1 HELIKOPTER DI BANDARA ILAGA, PAPUA   MASJID GEDHE KAUMAN YOGYAKARTA DIBUKA UNTUK SHALAT TARAWIH, MAKSIMAL 600 ORANG   PEMKAB BANYUMAS, JATENG, IZINKAN KEGIATAN PASAR TIBAN BERLANGSUNG SELAMA RAMADAN DENGAN PROKES KETAT   POLDA LAMPUNG UNGKAP KASUS DUGAAN KORUPSI PEMBANGUNAN JALAN DI LAMPUNG YANG RUGIKAN NEGARA RP 65 MILIAR   KEMENAKER BENTUK SATGAS PELAYANAN KONSULTASI & PENEGAKAN HUKUM UNTUK MENGAWASI PELAKSANAAN PEMBERIAN THR 2021   KEMENAKER MINTA BANTUAN KEPALA DAERAH UNTUK PANTAU KEPATUHAN PENGUSAHA DALAM MEMBERIKAN THR 2021   MENAKER IDA FAUZIYAH SEBUT THR 2021 WAJIB DIBAYARKAN PENUH KEPADA PEKERJA   TOTAL LOKASI VAKSINASI DI JAKARTA SEBANYAK 525 TITIK, VAKSINASI DILAKUKAN TERHADAP 86.580 ORANG TIAP HARINYA   PEMBENTUKAN SATGAS PENANGANAN HAK TAGIH NEGARA DANA BLBI BERTUJUAN UNTUK MENAGIH UTANG PERDATA BLBI