Kompas TV internasional kompas dunia

Tidak di-Unfriend Lagi, Akhirnya Facebook dan Australia Berbaikan

Rabu, 24 Februari 2021 | 06:05 WIB
tidak-di-unfriend-lagi-akhirnya-facebook-dan-australia-berbaikan
Pemerintah Australia menyatakan Facebook akan mencabut pemblokiran atas akses berita di negara kanguru, Selasa (23/2/2021). (Sumber: Associated Press)

CANBERRA, KOMPAS.TV – Akhirnya Facebook dan Australia berbaikan setelah mengalami perseteruan sejak minggu lalu. Pada Selasa (23/2/2021), Facebook mengumumkan bahwa mereka akan mencabut larangan bagi warga Australia untuk melihat dan berbagi berita di platformnya.

Pencabutan larangan ini terjadi setelah mencapai kesepakatan dengan pemerintah Australia tentang rancangan undang-undang yang mengatur bahwa Facebook harus membayar kepada perusahaan media Australia atas jasa jurnalisme yang ditampilkan di platformnya.

Menteri Bendahara Negara Josh Frydenberg dan Facebook mengonfirmasi bahwa kedua belah pihak menyetujui amandemen undang-undang yang diusulkan. Perubahan tersebut akan memberi platform digital pemberitahuan satu bulan sebelum mereka secara resmi berada di bawah aturan tersebut. Hal ini akan memberi lebih banyak waktu bagi pihak yang terlibat, sebelum mereka memasuki pengaturan arbitrase yang mengikat.

Baca Juga: Kecepatan Internet Indonesia Meningkat, Pengguna Facebook Bekasi Raya Terbanyak Kedua di Dunia

Sebuah pernyataan Selasa oleh Campbell Brown, Wakil Presiden Facebook untuk kemitraan berita, mengatakan, bahwa kesepakatan itu memungkinkan perusahaan untuk memilih perusahaan media mana yang akan mereka dukung, termasuk perusahaan kecil atau lokal.

“Kami memulihkan berita di Facebook Australia dalam beberapa hari mendatang. Ke depan, pemerintah telah mengklarifikasi bahwa kami akan mempertahankan kemampuan untuk memutuskan berita apa yang akan muncul di Facebook, sehingga kami tidak secara otomatis tunduk pada negosiasi dengan terpaksa, "kata Brown.

Frydenberg menggambarkan amandemen yang disepakati sebagai "klarifikasi" dari maksud pemerintah. Dia mengatakan negosiasinya dengan kepala eksekutif Facebook Mark Zuckerberg merupakan negosiasi yang sulit.

Baca Juga: Facebook Blokir Konten Berita di Australia, PM Morrison: Ini Bentuk Ancaman

Sebelumnya, Facebook membuat perseteruan yang besar dengan warga Australia, setelah dengan gegabah membuat keputusan mendadak yang memblokir laman berita Australia di platformnya. Kebijakan Facebook ini memicu gelombang protes di seluruh Australia, terlebih karena terjadi di tengah pandemi, dimana warga Australia membutuhkan akses informasi, terutama informasi kesehatan.

Google juga sempat mengancam akan menghapus fungsi pencariannya di Australia karena rancangan undang-undang tersebut, namun akhirnya ancaman itu tidak terjadi.

Penulis : Tussie Ayu

Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:18
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19