Kompas TV nasional berita utama

Ini Spesifikasi Satelit Telkom-3 yang Dikabarkan Hilang di Kawasan Mongolia

Kompas.tv - 21 Februari 2021, 13:00 WIB
ini-spesifikasi-satelit-telkom-3-yang-dikabarkan-hilang-di-kawasan-mongolia
Integrasi fairing dengan kendaraan peluncur dimana satelit Telkom 3S sudah terpasang di Final Assembly Buliding, Guiana Space Center, Kourou, French-Guiana. (Sumber: Dok Telkom via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Satelit Telkom-3 sampai saat ini masih belum jelas keberadaannya setelah dilaporkan hilang. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memperkirakan Satelit Telkom-3 yang dikabarkan jatuh pada Jumat (5/2/2021) lalu berada di sekitar Mongolia atau China bagian utara.

Sebagaimana diketahui, satelit milik PT Telekomunikasi Indonesia ini merupakan kali pertama jatuhnya benda antariksa berukuran besar milik Indonesia.

Satelit Telkom-3 (COSPAR-ID 2012-044A, NORAD-ID 38744) diketahui merupakan satelit buatan ISS Reshetnev, Rusia berdasarkan pesanan PT Telkom Indonesia, Tbk.

Baca Juga: Masih Hilang, Satelit Telkom-3 Diperkirakan Jatuh di Mongolia atau China Bagian Utara

Satelit tersebut diluncurkan pada 6 Agustus 2012 dari Baikonur Cosmodrome, Kazakhstan, tetapi masalah teknis menyebabkannya gagal mencapai orbit.

Detail Satelit Telkom-3

Satelit Telkom-3 sendiri memiliki berat 1.903 kilogram. Awalnya satelit tersebut akan ditempatkan di orbit geostasioner di ketinggian 35.401 km dari bumi pada 118 derajat bujur timur atau di atas Selat Makassar.

Akan tetapi masalah pada roket peluncur kemudian membuat satelit hanya berada pada ketinggian 266 km hingga 5.013 km dari bumi.

Sejak gagal mencapai orbitnya, satelit Telkom-3 hanya menjadi sampah antariksa selama 8,5 tahun terakhir.

Baca Juga: Foto Satelit Tunjukkan Kehancuran Akibat Kebakaran Besar di Perbatasan Afghanistan – Iran



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x