Kompas TV nasional berita utama

Masih Hilang, Satelit Telkom-3 Diperkirakan Jatuh di Mongolia atau China Bagian Utara

Kompas.tv - 21 Februari 2021, 12:15 WIB
masih-hilang-satelit-telkom-3-diperkirakan-jatuh-di-mongolia-atau-china-bagian-utara
Satelit Telkom 3S milik PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, meluncur dari Guiana Space Center, Kourou, Guyana, Perancis, Rabu (15/2/2017) dini hari WIB. Telkom mengalihkan sejumlah pelanggan ke transponder satelit Telkom 3S dan satelit lainnya menyusul gangguan pada satelit Telkom 1. (Sumber: AFP/JODY AMIET via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memperkirakan Satelit Telkom-3 yang dikabarkan jatuh pada Jumat (5/2/2021) lalu berada di sekitar Mongolia atau China bagian utara.

Satelit milik PT Telekomunikasi Indonesia itu hilang dan belum ditemukan.

Kepala Lapan Thomas Djamaluddin mengatakan, jatuhnya satelit tersebut hingga kini belum diketahui titik pastinya.

“Tidak ada teknologi yang bisa memastikan titik jatuhnya sampah antariksa, kecuali bila ada laporan warga yang menemukannya,” ujar Thomas, Sabtu (20/2/2021).

Baca Juga: Ini Spesifikasi Satelit Telkom-3 yang Dikabarkan Hilang di Kawasan Mongolia

Melansir Kompas.com, Thomas menambahkan dari data orbit obyek antariksa dari pihak Rusia dan AS yang dianalisis Lapan, menunjukkan titik jatuh Telkom-3 kemungkinan berada di sekitar Mongolia.

Adapun rentang kemungkinan jatuh yakni mulai dari Asia Tengah hingga Pasifik Timur.

Thomas menyampaikan setelah jatuh, satelit tersebut tidak lagi bisa dipantau. Dia juga mengklaim jatuhnya satelit Telkom-3 tersebut tidak memengaruhi layanan Telkom.

"Sama sekali tidak terkait (dengan layanan). Telkom 3 yang gagal mencapai orbit pada 2012 sudah digantikan satelit Telkom 3 S yang diluncurkan 2017. Jadi layanan Telkom sama sekali tidak terganggu," jelas dia.

Baca Juga: Kepala BIG dan Eks Pejabat Lapan Ditetapkan Tersangka Korupsi Pengadaan Citra Satelit 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x