Kompas TV nasional sosok

Brigjen Ida Oetari, Ketua Polwan Sedunia yang Bukan Lulusan Akpol, Dipilih Kapolri Jadi Wakapolda

Kompas.tv - 19 Februari 2021, 21:15 WIB
brigjen-ida-oetari-ketua-polwan-sedunia-yang-bukan-lulusan-akpol-dipilih-kapolri-jadi-wakapolda
Brigjen Pol Ida Oetari yang baru saja diangkat menjadi Wakapolda Kalimantan Tengah oleh Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyelipkan nama satu nama Polwan dalam daftar mutasi sejumlah perwira Polri.

Adalah Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasari satu nama tersebut yang diangkat menjadi Wakapolda Kalimantan Tengah.

Berikut ini Kompas.tv rangkumkan dari berbagai sumber terkait Ida Oetari yang juga Ketua Polwan sedunia tersebut:

Sebelum ini, belum banyak orang yang mengenal Ida Oetari yang ternyata juga bukan lulusan Akademi Polisi (Akpol).  Ia lulus dari Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) tahun 1987.

Baca Juga: Selain Komjen Agus Andrianto, Kapolri juga Menggeser Para Perwira Ini

Lulus dari SIPSS, Ida Oetari Poernamasari bertugas di unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polda Jawa Timur selama 17 tahun.

Sebelum menjadi Analis Kebijakan Utama Bidang Gadikwa Lembaga Diklat Polri dan akhirnya sekarang menjadi Wakapolda Kalimantan Tengah, wanita ini pernah bertugas di BNN sebagai Direktur Penguatan Lembaga Rehabilitasi Instansi Pemerintah Dep Rehab BNN pada 2013.

Dalam sebuah wawancara, Ida Oetari juga tidak segan membocorkan kiat-kiatnya ‎sehingga bisa mendapat posisi bintang satu di pundaknya.

"‎Saya bukan dari Akpol, tapi dari Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) angkatan 87. Intinya kalau mau berkarir bagus ya harus bekerja yang terbaik, iklas dan jangan lupa berdoa. Karena pangkat itu titipan dan amanah," terang Ida Oetari seperti dikutip dari Tribunnews.com.

Baca Juga: Komjen Agus Andrianto, Kabareskrim Baru yang Pernah Masuk Bursa Kapolri

Ditanya soal bagaimana nantinya apabila pimpinan Polri menarik dirinya untuk bertugas kembali di Institusi Polri? Misalnya penempatan sebagai Kapolda? Merespon itu, Ida menjawab dirinya siap ditempatkan dimana saja.

‎"Dimanapun nantinya ditempatkan, saya siap. Kami Polwan harus punya warna dan berarti bagi masyarakat. Itu yang terpenting," tegas Ida.

Ida Oetari juga mengimbau seluruh Polwan di Indonesia agar tekun melakukan tanggung jawab dan tugasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x