Kompas TV nasional politik

Komjen Agus Andrianto, Kabareskrim Baru yang Pernah Masuk Bursa Kapolri

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 17:43 WIB
komjen-agus-andrianto-kabareskrim-baru-yang-pernah-masuk-bursa-kapolri
Kabaharkam Komjen Pol Agus Andrianto yang ditunjuk sebagai Kabareskrim baru. (Sumber: Badan Pemelihara Keamanan Polri)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Komjen Agus Andrianto ditunjuk sebagai Kabareskrim baru oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Namun ingatkah, Komjen Agus Adrianto yang sebelumnya menjabat Kabaharkam pernah masuk bursa kandidat Kapolri bersama Jenderal Listyo Sigit untuk menggantikan Kapolri Jenderal Idham Azis.

Di bursa kandidat Kapolri saat itu, terdapat nama-nama Komjen Gatot Eddy Pramono (Wakapolri), Komjen Listyo Sigit Prabowo (Kabareskrim), Komjen Agus Andrianto (Kabaharkam), Komjen Boy Rafli Amar (Kepala BNPT), dan Komjen Rycko Amelza Dahniel (Kabaintelkam).

Komjen Agus dan keempat perwira tinggi Polri itu merupakan kandidat yang diajukan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden Joko Widodo.

Komjen Agus mungkin nama yang terdengar asing. Namun dia lah yang bertanggung jawab menangani kasus penistaan agama yang menjerat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Saat itu, 2016 lalu, Agus menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim.

Seperti diketahui, Pengadilan Negeri Jakarta Utara telah menjatuhkan vonis dua tahun penjara untuk Ahok yang terbukti telah melakukan penistaan agama.

Komjen Agus lahir di Blora, Jawa Tengah, pada 16 Februari 1967 silam.

Latar belakang pendidikannya, adalah lulusan Akademi Kepolisian pada tahun 1989. Selama meniti karier di kepolisian, dia juga melanjutkan pendidikannya di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) tahun 1995, dan mendapatkan peluang untuk mengikuti Sespim Sespimti pada 2012.

Sementara di jenjang karier cemerlang Agus sebelum menjadi Kabaharkam Polri, adalah menjabat sebagai Wakapolda Sumatera Utara pada 2017.

Setahun berikutnya, 2018, dia menjadi Kapolda Sumatera Utara. Komjen Agus menggantikan Firli Bahuri yang mejabat sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Baca Juga: Kabareskrim Baru, Kapolri Tunjuk Komjen Agus Andrianto

Berikut riwayat rabatan Komjen Agus Andrianto.

- Pamapta Polres Dairi (1990)

- Kapolsek Sumbul (1992)

- Kapolsek Parapat (1993)

- Kapolsek Percut Seituan (1995)

- Mahasiswa PTIK (1995)

- Kapuskodalops Polres Lampung Selatan (1997)

- Kasat Serse Poltabes Medan (1999)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x