Kompas TV kuliner cerita rasa

Kuliner Bandung Terbaik Dunia, Pesan Kang Emil Buat "Bibi Surabi" dan "Tagor Batagor"

Jumat, 19 Februari 2021 | 07:21 WIB
kuliner-bandung-terbaik-dunia-pesan-kang-emil-buat-bibi-surabi-dan-tagor-batagor
Nasi tutug omcom (sumber:kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kuliner khas Kota Bandung masuk sebagai jajaran makanan tradisional terbaik di dunia versi TasteAtlas 2020.  Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pun bangga dan  mengucapkan selamat kepada Bandung, yang pernah dia pimpin.

"SELAMAT! untuk ragam dan kualitas kuliner lokal Bandung yang masuk jajaran juara dunia dan juara 1 se ASEAN, dari Taste Atlas Award 2020," ujar pria yang biasa disapa Kang Emil ini. Melalui akun instagramnya seperti dikutip Kompas.com, Emil pun memberi semangat agar para pelaku usaha makanan tradisional terus semangat dan melakukan inovasi.

Baca Juga: Survei Indometer Elektabilitas Prabowo Masih Kuat, Ganjar Menurun Ridwan Kamil Naik

"Kepada Om Tutug Oncom tolong Pertahankan. Kepada Bang Tigor Batagor tolong tingkatkan. Kepada Bibi Surabi tolong terus promosikan. Kepada ‘Ratu Elizabeth’, Cendolnya tolong dipopulerkan. Teruslah berinovasi. Salam Seuhah," katanya. "Seuhah" dalam bahasa Sunda ungkapan untuk rasa yang sangat pedas.

Makanan seperti tutug oncom, batagor, dan cendol merupakan makanan khas Jawa Barat yang mudah ditemui di pinggir jalan dengan harga terjangkau.

Bandung berada di peringkat ketujuh daftar "World's Best Cities for Traditional Foods" yang dikeluarkan TasteAtlas. Rilisan tersebut memuat tentang kota-kota di dunia yang memiliki makanan tradisional terbaik. 

Di peringkat 1-6 terdapat Paris, Perancis; Roma, Italia; Buenos Aires, Argentina; Istanbul, Turki; Mexico City, Meksiko; dan Kyoto, Jepang. Penilaian dilakukan oleh kritikus restoran professional dan 63.402 suara pengikut TasteAtlas. 

Penulis : Iman Firdaus





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
18:37
PT PLN: PEMULIHAN LISTRIK AKIBAT BENCANA DI NTT CAPAI 93,4 PERSEN   KEMENPERIN DORONG PERUSAHAAN RINTISAN BIDANG TEKNOLOGI UNTUK PERCEPATAN TRANSFORMASI DIGITAL DI SEKTOR INDUSTRI   MENKOP UKM TETEN MASDUKI SEBUT DIGITALISASI BAGIAN PENTING PENGUATAN EKONOMI PELAKU UMKM   SEBANYAK 13.815 WARGA LANSIA DI KEPULAUAN BANGKA BELITUNG TERIMA VAKSINASI COVID-19   MENKES SERAHKAN SANTUNAN KEMATIAN KE 11 AHLI WARIS TENAGA KESEHATAN YANG GUGUR DALAM PENANGANAN COVID-19 DI DKI   PEMKOT JAKARTA SELATAN GANDENG TNI DAN POLRI GENCARKAN OPERASI TERTIB MASKER   MENTERI PPN SUHARSO MONOARFA: PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR TAMAN NASIONAL BALURAN JADI PRIORITAS NASIONAL   PEMPROV DKI JAKARTA RESMI UJI COBA TAHAP PERTAMA JALAN LAYANG CAKUNG   KLAIM KASUS COVID-19 TERUS MENURUN, PEMKOT BOGOR HENTIKAN OPERASIONAL RS LAPANGAN   GUBERNUR DKI SEBUT KEBIJAKAN SURAT IZIN KELUAR MASUK HARUS TERINTEGRASI SECARA NASIONAL   KAPUSPEN TNI TEGASKAN PIHAKNYA AKAN MEMPROSES & TERUS KEJAR EKS PRAJURIT YANG TERGABUNG DALAM KKB DI PAPUA   JUBIR SATGAS WIKU ADISASMITO IMBAU MASYARAKAT TIDAK MUDIK SEBELUM 6 MEI 2021    MENKES BUDI GUNADI SADIKIN SEBUT PARTISIPASI WARGA LANSIA DALAM VAKSINASI COVID-19 RENDAH KARENA BANYAK YANG TAKUT   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN MINTA KEPOLISIAN SEGERA MENANGKAP JOZEPH PAUL ZHANG YANG MENGAKU NABI KE-26