Kompas TV nasional berita utama

Versi UniRank, Universitas Muhammadiyah Malang jadi Kampus Islam Terbaik di Dunia

Kompas.tv - 18 Februari 2021, 08:58 WIB
versi-unirank-universitas-muhammadiyah-malang-jadi-kampus-islam-terbaik-di-dunia
Suasana di lokasi Pendaftaran Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Perguruan tinggi ini baru saja ditetapkan sebagai kampus Islam terbaik dunia versi UniRank (Sumber: umm.ac.id)
Penulis : Gading Persada

MALANG, KOMPAS.TV- Prestasi membanggakan didapat dunia pendidikan tinggi Tanah Air. Adalah Univeritas Muhammadiyah Malang (UMM) yang baru saja ditetapkan sebagai perguruan tinggi Islam terbaik di dunia tahun 2021 versi UniRank.

UniRank sendiri merupakan lembaga pembuat rangking perguruan tinggi internasional yang berbasis di Sydney, Australia.

Lembaga ini setiap tahunnya, merilis survei perguruan tinggi terbaik di dunia.

Baca Juga: UGM Duduki Peringkat Satu Perguruan Tinggi di Indonesia Versi Webometrics

Hebatnya, dalam rilis UniRank tersebut, UMM berada di posisi paling atas mengalahkan Iran University of Science and Technology dan Cairo University yang berturut-turut ada di posisi kedua dan ketiga.

Dalam memilih kampus terbaik, uniRank menggunakan berbagai kriteria. Seperti mendapat akreditasi resmi dan dilisensi oleh organisasi terkait, badan nasional dan daerah termasuk Kementerian Pendidikan di suatu negara.

Lalu menawarkan minimal gelar sarjana atau pascasarjana (magister atau doktoral) dan juga memberikan kurikulum dalam format pendidikan tradisional dan tatap muka.

Baca Juga: 9 Perguruan Tinggi Indonesia Masuk THE World University Rankings 2021

“Tujuan kami adalah untuk menyediakan tabel liga (ulasan) non-akademik dari universitas islam terbaik dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, tidak dipengaruhi siapa pun, dan sumber web independen dari data yang dikirim oleh universitas itu sendiri,” tulis uniRank dalam resminya seperti dikutip Kompas.tv, Kamis (18/2/2021).

Prestasi membanggakan tak hanya didapat UMM. Sebab dalam rilis UniRank itu, ada kampus Islam Indonesia lainnya yang masuk 10 besar.

Kampus tersebut yakni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) di posisi keempat, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di peringkat delapan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang peringkat kesembilan, dan Universitas Islam Indonesia di posisi kesepuluh.

Baca Juga: Kemendikbud Rilis Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia 2020, Berikut Daftarnya

Sedangkan dua lainnya masuk 20 besar. Seperti Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya menduduki posisi ke-12 dan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta di posisi ke-17.

Setiap tahunnya, uniRank menampilkan ulasan dan peringkat lebih dari 13.800 universitas dan perguruan tinggi yang diakui secara resmi di 200 negara.

Peringkat didasarkan pada algoritme yang mencakup 5 metrik web independen dari 4 sumber web berbeda: Moz Domain Authority; Alexa Global Rank; SimilarWeb Global Rank; Majestic Referring Domains; dan Majestic Trust Flow.

Berikut 20 besar kampus Islam terbaik dunia versi uniRank:

1.            Universitas Muhammadiyah Malang, Indonesia

2.            Iran University of Science and Technology, Iran

3.            Cairo University, Mesir



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x