Kompas TV nasional sosial

9 Perguruan Tinggi Indonesia Masuk THE World University Rankings 2021

Kompas.tv - 6 September 2020, 11:56 WIB
9-perguruan-tinggi-indonesia-masuk-the-world-university-rankings-2021
THE World University Rankings (Sumber: Istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebanyak sembilan perguruan tinggi di Indonesia masuk dalam peringkat perguruan tinggi terbaik versi The Times Higher Education (THE) World University Rankings 2021, yang dirilis 2 September 2020 lalu.

Sembilan perguruan tinggi tersebut terdiri dari delapan perguruan tinggi negeri, dan satu perguruan tinggi swasta. Antara lain:

Universitas Indonesia di peringkat 800-1000. Sementara ITB, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, Universitas Gajah Mada, IPB, Universitas Padjajaran, ITS, dan Universitas Telkom, berada di peringkat 1000+.

“Pengakuan internasional memang menjadi salah satu agenda prioritas. Ranking internasional ini merupakan hasil dari proses, output, outcome yang terus meningkat. Saya cukup bangga sivitas akademika Unpad telah memberikan kemajuan. Alhamdulillah kita listed walaupun targetnya kita tembus 1000 Besar,” ujar Rektor Unpad Prof Rina Indiastuti, dikutip dari laman Unpad.ac.id, Jumat (4/9/2020).

Dalam menyusun peringkatnya, THE World University Rankings menilai lima aspek yang dimiliki perguruan tinggi, yaitu teaching, international outlook, industry income, research, dan citation.

“Itu artinya, kita mengalami peningkatan di lima aspek tersebut. Tapi belum cukup, masih perlu ditingkatkan," kata Rina.

Baca Juga: Dirjen Pendis Kemenag: Saat Ini Eranya Saling Berkolaborasi Antar Perguruan Tinggi

Ketua Pemeringkatan Internasional Universitas Brawijaya, Prof Dr Ing Setyawan Purnomo Sakti M.Eng menjelaskan, peringkat yang diperoleh Universitas Brawijaya kali ini mengalami perbaikan skor di beberapa aspek.

“Beberapa yang menjadi penyumbang naiknya skor UB (Universitas Brawijya) adalah industrial income dan international outlook,” kata Setyawan dikutip dari laman Universitas Brawijaya.

Industrial income merupakan jumlah dana yang telah diterima UB terkait dengan penelitian dan hilirisasi yang sudah dilakukan.

Sementara Rektor Universitas Telkom Prof Dr Adiwijaya mengatakan, capaian ini merupakan hasil kerja keras dan kerja cerdas dari sivitas akademika Universitas Telkom serta kontribusi dari para alumni dan seluruh stakeholders.

“Prestasi ini merupakan amanah bagi kita (Tel-U) untuk terus memberikan yang terbaik bagi bangsa Indonesia, kami berharap capaian ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk civitas akademika tetapi juga menjadi penyemangat untuk kita semua dalam memberikan kontribusi terbaik kepada masyarakat dan bangsa Indonesia,” tutur Adiwijaya dikutip dari laman Universitas Telkom.

Dengan masuk ke dalam jajaran universitas terbaik dunia, Adiwijaya mengatakan, Universitas Telkom tetap menyandang predikat perguruan tinggi swasta nomor satu di Indonesia.

Baca Juga: Unik! Universitas Ini Gelar Wisuda Drive Thru, Ada yang Pakai Sepeda Onthel

Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Dirjen Pendidikan Tinggi merilis peringkat perguruan tinggi terbaik di Indonesia untuk tahun 2020.

Berbeda dengan peringkat perguruan tinggi lainnya, sistem peringkat kampus di Indonesia ini berdasarkan klasterisasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x