Kompas TV nasional peristiwa

Marzuki Alie Sebut SBY Mengakui Sudah Buat Megawati Dua Kali Kecolongan di Pilpres

Kompas.tv - 17 Februari 2021, 05:50 WIB
marzuki-alie-sebut-sby-mengakui-sudah-buat-megawati-dua-kali-kecolongan-di-pilpres
Marzuki Alie memaparkan situasi internal Partai Demokrat untuk YouTube Akbar Faizal (Sumber: Tangkapan layar YouTube Akbar Faizal)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Marzuki Alie menguak kisah lama antara Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati Soekarnoputri. SBY, disebut Marzuki Alie mengakui kepada dirinya telah membuat Megawati Soekarnoputri dua kali kecolongan.

Pernyataan itu disampaikan SBY kepada Marzuki Alie dan disaksikan oleh Hadi Utomo di Hotel Sherraton Bandara Soekarno-Hatta pada 2004.

Baca Juga: Ingin Beri Pelajaran Kader Demokrat, Marzuki Alie Tempuh Jalur Hukum

“Pak SBY menyampaikan Pak Marzuki, saya akan berpasangan dengan Pak JK (Jusuf Kalla -red), ini Bu Mega akan kecolongan dua kali ini. Artinya, kecolongan pertama dia (SBY -red) yang pindah, kecolongan 2 kali dia (SBY -red) ambil Pak JK (Jusuf Kalla -red). Pak Marzuki orang pertama yang saya kasih tahu,” cerita Marzuki Alie di  YouTube Akbar Faizal Uncernsored yang dilihat KOMPAS.TV, Rabu (17/2/2021).

Selain itu, Marzuki Alie juga menilai SBY sebagai sosok yang tidak komitmen dalam menjalankan partai. Dalam cermat Marzuki, SBY pernah mengatakan saat Kongres Luar Biasa di Bali 2013 agar tidak dirinya lagi yang memimpin Partai Demokrat. Tetapi pernyataan SBY tidak berbanding lurus dengan realita.

Baca Juga: Faksi Marzuki Alie Hingga Anas Bersatu Ingin Kudeta AHY, Ada Kemungkinan Muncul Demokrat Tandingan

“Waktu dengar ceramah dia (SBY -red), waktu KLB di Bali 2013. Pak SBY menyampaikan pidato loh, dalam pidatonya menyebutkan, jangan saya lagi, Jangan SBY lagi, Jangan keluarga SBY. Artinya dia turun di sana untuk penyelamatan. Nah tetapi, artinya, agak mengagetkan begitu 2015 beliau (SBY -red) mau maju lagi. Pertama tidak sesuai dengan yang diucapkan, yang kedua ya boleh-boleh saja karena partai memang bermasalah. Kalau bicara komitmen, beliau berjanji loh untuk membangun partai ini menjadi partai kader,” terang Marzuki Alie.

Marzuki Alie mengatakan, dirinya hanya bisa menyikapi fakta SBY yang ingin kembali memimpin Partai Demokrat sebagai realita politik. Ia pun mundur dalam keinginnya menjadi pemimpin Partai Demokrat untuk menghidari konflik dan karena menghargai SBY.

“Saya menghargai beliau yang awalnya kita figurkan sebagai presiden, jadi bukan berarti berikutnya kita harus berkompetisi, saya nggak mau. Tentu ada waktu, untuk mengkoreksi keputusan beliau, manakala beliau tidak memenuhi komitmen menjadikan partai ini partai kader, partai yang dikelola modern dengan membangun sistem. Itu yang harus dilakukan. Tapi nyatanya, itu tidak dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Marzuki Alie juga mengkritisi soal anggapan kudeta dalam dugaan ambilalih kepemimpinan di Partai Demokrat. Marzuki Alie menuturkan, sepemahamannya, di dalam partai politik tidak ada penyebutan kudeta untuk mengambilalih kepemimpinan, yang ada Kongres Luar Biasa (KLB). Baginya, KLB yang dilakukan untuk menyelamatkan partai sah-sah saja dilakukan.

“Walaupun saat ini saya belum terlibat dalam konteks kudeta, kudeta itu nggak ada di dalam partai politik, yang ada KLB (Kongres Luar Biasa -red). Kalau memenuhi syarat, AD/ART, KLB bisa-bisa saja. Tahun 2013 SBY maju lewat KLB. KLB itu tidak diharamkan sepanjang dilakukan memenuhi persyaratan,” tutur Marzuki Alie.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x