Kompas TV internasional kompas dunia

Gempa 7,1 di Jepang Melukai Lebih dari 50 orang

Kompas.tv - 14 Februari 2021, 07:36 WIB
gempa-7-1-di-jepang-melukai-lebih-dari-50-orang
Gempa bumi dengan kekuatan 7,1 yang melanda wilayah timur laut Jepang tadi malam, melukai lebih dari 50 orang dan menyebabkan pemadaman listrik. (Sumber: nytimes.com)

TOKYO, KOMPAS.TV - Gempa bumi dengan kekuatan 7,1 yang melanda wilayah timur laut Jepang tadi malam, melukai lebih dari 50 orang dan menyebabkan pemadaman listrik. Namun gempa ini tidak berpotensi tsunami atau kelainan pada pembangkit nuklir yang berada di Fukushima.

Dikutip dari Kyodo News, menurut Badan Meteorologi Jepang gempa terjadi pada pukul 23.07 malam waktu Jepang dengan titik gempa di kedalaman sekitar 55 kilometer di bawah permukaan laut lepas pantai Prefektur Fukushima. Meski begitu, gempa juga dirasakan hingga Tokyo.

Gempa ini berada di level 6 pada skala intensitas seismik Jepang, dan level 7 di beberapa bagian prefektur Fukushima dan Miyagi.

Badan Meteorologi Jepang mengatakan fenomena alam yang terjadi tadi malam itu dikategorikan sebagai gempa terkuat yang terjadi di lepas pantai timur laut negara itu. Pada 7 April 2011 silam, prefektur Fukushima dan Miyagi juga pernah dilanda gempa.

Pemerintah Jepang telah membentuk satuan tugas melalui rapat yang dipimpin oleh Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga pada Sabtu (13/2/2021) malam, usai terjadi gempa.

Kepada wartawan pada Minggu (14/2/2021) dini hari, Suga memastikan tidak ada korban besar yang dilaporkan. Namun dilaporkan ada 50 orang korban luka.

Suga menambahkan anggota kabinet akan mengadakan pertemuan pada Minggu pagi untuk perolehan informasi terbaru.

Juru bicara pemerintah Katsunobu Kato memperingatkan, gempa 6 skala atas pada skala intensitas seismik dapat terjadi selama tujuh hari atau lebih.

Dalam konferensi pers, Kato mengatakan, sekitar 950.000 rumah di lokasi terdampak gempa tanpa aliran listrik, karena beberapa pembangkit listrik tenaga panas mati.

Baca Juga: Gempa 7,1 Guncang Fukushima & Miyagi

Pemadaman listrik yang dilakukan di wilayah terdampak memengaruhi 860.000 rumah di bawah area pelayanan Tokyo Electric Power Company Holdings Inc. Termasuk pula 90.000 rumah di bawah Tohoku Electric Power Co.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x