Kompas TV regional berita daerah

Berhari-hari Terjebak Antrean, Sejumlah Truk Beralih Ke Dermaga Martapura Baru Untuk Menyeberang

Kompas.tv - 11 Februari 2021, 23:49 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Setelah sempat menunggu beberapa hari untuk penyeberangan di Alalak Berangas, rabu pagi (10/2/2021) sejumlah truk mulai  mengantre di dermaga Martapura Baru Banjarmasin.

Dermaga yang berada di kawasan pelabuhan trisakti milik Pelindo III ini menjadi penyeberangan alternatif yang menghubungkan dari bawah Jembatan Barito di barito kuala.

Baca Juga: Jalur Utama Angkutan Bertonase Besar Lumpuh, Jalan Gubernur Syarkawi Rusak Parah Akibat Banjir

Dishub Banjarmasin menyebut, pembukaan penyeberangan alternatif ini berdasarkan keputusan rapat hingga tingkat provinsi.

Setidaknya 4 kapal Landing Craft Tank atau LCT akan dikerahkan untuk mengangkut khusus angkutan bertonase sedang dan berat.

"Ini merupakan alternatif untuk mengurai antrean di Kayutangi. Karena selama beberapa minggu ini lumayan antreannya yang merupakan dampak banjir juga," ucap Plt Kadishub Kota Banjarmasin, Endrie.

Keberadaan penyeberangan alternatif ini disambut baik sopir hingga asosiasi pengusaha truk indonesia, APTRINDO Kalsel.

Sebab keberadaan membantu lalulintas yang selama ini terhambat hingga memperbesar biaya operasional.

"Bagus, jadi dengan adanya penyeberangan ini bisa terbagi, di sana tidak macet. Jadi tahu di sini dari teman dan aparat juga," ucap seorang sopir bernama Yannor.

"Ini kita memakai milik pemerintah, di sini lebih safety keamanan lebih terjaga. Kalau lebih lama tertahan lebih banyak biaya operasional, kita berharap pemerintah hadir dalam hal ini," tambah ketua Aptrindo Kalsel, Alimusa Siregar.

Baca Juga: 1.8 Km Jalan Rusak Akibat Banjir di Banjarbaru, Perbaikan Menunggu Musim Hujan Usai

Dengan tarif sama dengan swasta sebesar Rp.350.000 untuk trus sedang PS, diharapkan distribusi barang yang terhambat akibat rusaknya jalan penghubung kalteng kalsel dampak banjir dapat teratasi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x