Kompas TV internasional kompas dunia

Hong Kong Tangguhkan Impor Unggas dari Beberapa Negara Eropa Terdampak Flu Burung H5N8

Kompas.tv - 7 Februari 2021, 11:44 WIB
hong-kong-tangguhkan-impor-unggas-dari-beberapa-negara-eropa-terdampak-flu-burung-h5n8
Ilustrasi peternakan ayam yang terpapar flu burung. Hong Kong memutuskan untuk menangguhkan impor produk dan daging unggas dari sejumlah wilayah yang terdampak flu burung di Jerman, Prancis dan Swedia (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Edwin Shri Bimo

HONG KONG, KOMPAS.TV - Hong Kong memutuskan untuk menangguhkan impor produk dan daging unggas dari sejumlah wilayah yang terdampak flu burung di Jerman dan Swedia.

Dilansir dari Xinhua, (05/02/2021) Pusat Keamanan Pangan Hong Kong (Center for Food Safety/CFS) di bawah Departemen Kebersihan Makanan dan Lingkungan pemerintah Daerah Administratif Khusus (Special Administrative Region/SAR) Hong Kong menyampaikan keputusan itu diambil berdasarkan pemberitahuan dari Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE) tentang wabah flu burung H5N8 yang sangat patogen di Distrik Uckermark, Negara Bagian Brandenburg, Jerman, dan pemberitahuan dari Dewan Pertanian Swedia terkait wabah flu burung yang sangat patogenik di Kota Moensteras di Kalmar County.

Baca Juga: Peternak Unggas Asia Hadapi Wabah Flu Burung, Indonesia Larang Impor Unggas Hidup

CFS telah menginstruksikan penangguhan impor daging dan produk unggas, termasuk telur unggas, dari Distrik Uckermark di Jerman dan Kota Oskarshamn di Swedia, yang berdekatan dengan Kota Moensteras, demi melindungi kesehatan masyarakat Hong Kong.

Flu burung menyapu Eropa, selain Jerman dan Swedia, Bulgaria memusnahkan setidaknya 160 ribu unggas di sebuah peternakan sementara Prancis memusnahkan hingga hampir 700 ribu unggas untuk menangani wabah tersebut. 

Pada awal Januari, Prancis memastikan terjadi wabah flu burung H5N8 di 48 lokasi di seluruh Prancis dan memusnahkan hampir 1 juta unggas. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x