Kompas TV regional berita daerah

Terkait Bupati Sabu Raijua Diduga Warga Negara AS, Bawaslu: Tunggu Verifikasi Dokumen Dubes AS

Kompas.tv - 4 Februari 2021, 17:01 WIB
Penulis : Merlion Gusti

KUPANG, KOMPAS.TV - Kementerian dalam negeri  menggelar rapat kordinasi bersama KPU, Bawaslu , Dirjen Dukcapil, dan Kapolda NTT, terkait status WNA dari Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient Patriot Riwu Kore.

Dalam rapat ini kemendagri memutuskan untuk mempertimbangkan untuk menunda pelantikan bupati terpilih.

Dalam rapat kordinasi tertutup, kemendagri mendapat saran dari bawaslu untuk menunda pelantikan Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient Patriot Riwu Karo, terkait status kewarganegaraan asing dirinya.

Penundaan dilakukan sambil menunggu, kejelasan dari status kewarganegaraan Bupati Sabu Raijua terpilih, Orient Patriot Riwu Karo.

Saat ini Bawaslu dan KPU sedang memverifikasi keabsahan dokumen kewarganegaraan asing Bupati Sabu Raijua terpilih, yang telah dikirimkan oleh duta besar Amerika Serikat.

Komisi Pemilihan Umum Nusa Tenggara Timur, menyebut telah melakukan proses verifikasi data kependudukan Bupati Terpilih Sabu Raijua, Orient Patriot Riwu Kore, sebelum menetapkan dirinya sebagai salah satu calon bupati.

Hasil klarifikasi, KPU Sabu Raijua, ke dinas kependudukan dan catatan sipil Kota Kupang, menjelaskan jika Orient P Riwu Kore memiliki kartu tanda penduduk yang berdomisili di kupang saat proses pencalonan.

Namun terkait polemik ini, KPU NTT telah berkoordinasi dengan KPU pusat dan Kemendagri, untuk mengambil langkah selanjutnya.


Sementara bawaslu sabu raijua, nusa teggara timur, telah menerima email surat balasan eletronik dari kedutaan besar amerika serikat, mengenai status kewarganegaraan bupati terpilih sabu raijua, orient patriot riwu kore,

saat ini bawaslu masih akan mengonfirmasi keabsahan data dari dokumen kewarganegaraan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x