Kompas TV video cerita indonesia

10 Tips Hemat Untuk Anak Kos

Kompas.tv - 31 Januari 2021, 10:32 WIB
Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Mengatur keuangan sendiri bagi anak kos terkadang jadi hal yang sulit. Terlebih di akhir bulan, identik dengan kantong kering dan makan mie instan.

Untuk mencegah kantong kering di akhir bulan, simak 10 tips hemat untuk anak kos berikut ini:

1. Catat Pengeluaran

Meski terdengar merepotkan, mencatat setiap pengeluaran penting untuk mengetahui keluar masuknya uang dan membantu menyusun prioritas kebutuhan.

2. Sedia Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji seperti sosis, nugget, dan makanan olahan lainnya lebih praktis untuk dimasak, dan juga punya jangka waktu simpan cukup panjang.

3. Masak Sendiri

Membeli bahan masakan untuk kebutuhan makan 3 kali sehari cenderung jauh lebih murah. Selain lebih hemat, memasak makanan sendiri juga lebih sehat.

4. Bawa Bekal

Jika sudah memasak sendiri, membawa bekal tentu akan mengurangi pengeluaran untuk makan dan menghemat waktu istirahat.

5. Pilih Cemilan yang Tahan Lama

Untuk tetap bisa ngemil sekaligus berhemat, pilih jenis cemilan yang mengenyangkan dan bisa tahan lama seperti biskuit atau crackers.

6. Bawa Minum Sendiri

Selain menghemat pengeluaran, membawa air minum sendiri juga bermanfaat karena mengkonsumsi air mineral baik untuk kesehatan tubuh.

7. Cuci Baju Sendiri

Memisahkan pakaian yang bisa dicuci sendiri dengan yang tidak sebelum menaruh pakaian di laundry bisa dilakukan untuk menghemat biaya laundry agar tidak membengkak.

8. Bawa Uang Pas

Saat bepergian, biasakan membawa uang pas. Susun rencana dan catat keperluan apa yang harus dibeli saat pergi ke luar agar tidak menghamburkan uang.

9. Biasakan Menabung

Jangan lupa untuk menyisihkan sedikit uang setiap hari, minggu, atau bulan. Pisahkan tabungan dengan uang yang digunakan untuk keperluan sehari-hari.

10. Berburu Diskon

Mencari diskon saat belanja kebutuhan bulanan atau saat pergi ke tempat makan dapat membantu menghemat pengeluaran, namun tetap bisa memenuhi kebutuhan.

Jadi, sudah coba lakukan yang mana saja? (*)

Motion grafis: Agus Eko



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x