Kompas TV nasional viral

Eiger Kirim Surat Teguran ke Youtuber: Ini Deretan Fakta Sang Bos, Ronny Lukito

Kompas.tv - 29 Januari 2021, 13:49 WIB
eiger-kirim-surat-teguran-ke-youtuber-ini-deretan-fakta-sang-bos-ronny-lukito
Seorang pria dan wanita tengah melihat produk perlengkapan petualangan alam bebas Eiger di salah satu toko di Bandung, Jawa Barat. (Sumber: Travel - Toko Eiger Bandung, Produk Eiger via Kompas.com)
Penulis : Gading Persada

BANDUNG, KOMPAS.TV- Merek Eiger, selaku produsen perlengkapan outdoor, tengah viral di media sosial karena surat teguran mereka kepada salah satu YouTuber, Kamis (28/1/2021).

Nama Eiger pun tak bisa dilepaskan dari Ronny Lukito, sang bos.

Melansir dari Harian Kompas pada 28 April 2014, Eiger didirikan pada tahun 1979 di Bandung, Jawa Barat di bawah naungan PT Eigerindo Multi Produk Industry.

Awalnya, produk alat-alat outdoor itu berkembang dari merek kecil dengan dua mesin jahit menjadi sebuah perusahaan industri outdoor dan gaya hidup di Indonesia.

Baca Juga: CEO Eiger Ronny Lukito Ngaku Salah dan Minta Maaf Soal Surat Keberatan Video Review Produk

Berikut fakta-fakta dari Ronny Lukito dalam membesarkan Eiger

1. Dari Toko Kecil Milik Ayahanda

Dalam wawancaranya dengan Harian Kompas, Ronny Lukito menceritakan, mampu mengembangkan usaha toko tas milik ayahnya dari sebuah rumah kecil di Gang Tamrin Bandung menjadi produk ternama yang telah merambah dunia internasional.

Secara perlahan, anak laki satu-satunya dari enam bersaudara, pasangan Lukman Lukito dan Kurniasih ini memulai produksi tas dengan nama Butterfly yang diambil dari merek mesin jahit buatan China yang dimilikinya waktu itu.

2. Modal Awal Rp1 Juta dan Dua Mesin Jahit

Dalam merintis usahanya, Ronny Lukito membeli dua mesin jahit, peralatan, dan sedikit bahan baku pembuatan tas dengan modal kurang dari Rp 1 juta.

3. Sempat Digugat Perusahaan Exxon Oil Amerika Serikat

Pada tahun 1979, nama Butterfly diubahnya menjadi Exxon, tapi nama ini malah digugat perusahaan Exxon Oil Amerika Serikat.

Nama tersebut kembali diubah menjadi Exsport (Exxon Sporty) hingga lahir merek lainnya seperti Eiger, yang dicetuskan sekitar tahun 1990, Bodypack, dan Neosack.

Baca Juga: Eiger Tegur Youtuber Mengundang Respons Figur Publik, Termasuk Kaesang

4. Nama Eiger Dipakai Sejak 1989

Dikutip dari situs Eiger, nama Eiger diluncurkan pertama kali pada 1989 sebagai produk untuk memenuhi berbagai kebutuhan perlengkapan dan peralatan penggiat alam terbuka.

Nama ini terinspirasi dari Gunung Eiger di Bernese Alps, Swiss yang berketinggian 3.970 mdpl dan menjadi “gunung tersulit didaki” ke-3 di dunia

5. Mampu Beli Tanah 6.000 Meter Persegi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x