Kompas TV bisnis kebijakan

Erick Thohir Tunjuk Tim Sukses Bobby-Aulia Jadi Komisaris di Anak Usaha BUMN

Kompas.tv - 28 Januari 2021, 13:50 WIB
erick-thohir-tunjuk-tim-sukses-bobby-aulia-jadi-komisaris-di-anak-usaha-bumn
Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Utara Sugiat Santoso yang juga sebagai Jubir Tim Pemenangann Bobby Nasution-Aulia Rachman Ditunjuk Menteri BUMN sebagai Komisaris Independen di PT Prima Multi Terminal. (Sumber: TRIBUN MEDAN/M NASRUL)
Penulis : Johannes Mangihot

MEDAN, KOMPAS.TV – Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Sugiat Santoso, Juru Bicara Tim Pemenangan Bobby Nasution-Aulia Rachman sebagai Komisaris Independen PT Prima Multi Terminal (PT PMT).

Nama Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Sumatera Utara itu diusulkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT PMT pada akhir Desember 2020.

Sugiat Santoso menjelaskan posisinya sebagai Komisaris Independen di anak perusahaan BUMN sudah efektif mulai Januari 2021 ini.

Baca Juga: Budiman Sudjatmiko Diangkat Erick Thohir Jadi Komisaris PTPN V

Menurut Sugiat, sebagai Komisaris Independen tugasnya di PT PMT yakni mengawasi dan memberi masukan ke jajaran direksi supaya kinerja perusahaan menjadi jauh lebih baik.

"Komisaris kan tidak bisa mencampuri urusan teknis. Ya, secara prinsip kami akan mendukung kebijakan direksi untuk memajukan PT PMT," ujar dia saat dihubungi, Kamis  (28/1/2021). Dikutip dari Kompas.com.

Sugiat menambahkan dirinya telah mengundurkan diri dari keanggotaan dan kepengurusan Partai Gerindra.

Ia menjelaskan pengunduran dirinya dari aktivitas Partai Gerindra jauh sebelum RUPS.

Baca Juga: Erick Thohir Ubah Komposisi Gaji dan Insentif Kinerja Direksi dan Komisaris BUMN

Ia juga membantah bahwa pengangkatannya sebagai Komisaris Independen di PT PMT karena turut berjasa memenangkan Bobby Nasution dan Aulia Rachman di Pilkada Wali Kota Medan 2020 lalu.

"Prosesnya jauh sebelum Pilkada Kota Medan. Secara informal sebelum menjadi jubir Bobby-Aulia," ujarnya.

PT PMT adalah anak usaha dari PT Pelindo I, Waskita Karya, dan Pembangunan Perumahan (PP). Saat ini, PT PMT sedang mengembangkan terminal multipurpose baru di Pelabuhan Kualatanjung.

Bidang usahanya meliputi terminal peti kemas internasional dan domestik, terminal curah cair internasional dan domestik, pergudangan, kegiatan industri tertentu, dan jasa penunjang lainnya.

Baca Juga: Erick Thohir Tunjuk Ulin Yusron Jadi Komisaris di ITDC

Kantor PMP berada di Jalan Akses Pelabuhan Kualatanjung, Kecamatan Seisuka, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x