Kompas TV nasional peristiwa

Wakil Ketua Komisi III Berjanji Tidak Akan Main-main Pilih Hakim Agung

Kamis, 28 Januari 2021 | 07:09 WIB
wakil-ketua-komisi-iii-berjanji-tidak-akan-main-main-pilih-hakim-agung
Gedung Mahkamah Agung. (Sumber: mahkamahagung.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hari pertama uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung di Komisi III DPR, berlangsung Rabu (27/1/2021). Pada sesi pertama tersebut telah diuji dua orang calon hakim, yaitu Calon Hakim Industrial Andari Yuriko Sari dari latar belakang akademis. Dan yang kedua Calon Hakim Pengadilan Pajak Triono Martanto. 

Menurut Wakil Ketua Komisi IIII Desmon J Mahesa, hakim pajak jangan sampai merugikan negara. Dia pun mewanti-wanti agar para hakim tidak main kongkalikong dengan pengemplang pajak.

Baca Juga: Potret Pemilihan Ketua MA di Tengah Pandemi Corona, Hakim Agung Bermasker

Sementara kepad calon hakim peradilan Hakim Industrial, Desmond menilai peradilan Mahkamah Agung tidak bisa dikatakan bersih. Sebab, menurut politisi Partai Gerindra ini, para hakim cenderung memenangkan perkara para pengusaha. "Hari ini putusan di Mahkamah Agung penuh dengan pertanyaan, dalam kontek hubungan industrial, tentu peran buruh dengan modal itu lemah," kata Desmon.

Baca Juga: Hari Ini DPR Uji Kelayakan Calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc

Karena itu, Desmon berjanji tidak akan main-main dalam memilih para calon hakim agung ini. 
"Komisi III harus berhati-hati memilih hakim yang bermasalah dengan negara, walaupun kita juga maklumi orang-orang yang di lapangan dalam menetapkan wajib pajak bermasalah itu juga manusia biasa tapi kan harus ada upaya dalam masuk peradilan pajak," kata Desmon. 

Uji kelayakan dan kepatutan terhadap para calon hakim agung dan calon hakim ad hoc akan dilanjutkan pada di Komisi III DPR hari ini, Kamis (28/1/2021). 

Penulis : Iman Firdaus




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:22
GELEDAH APARTEMEN DALAM KASUS DUGAAN KORUPSI ASABRI, KEJAKSAAN AGUNG SITA 36 LUKISAN BERLAPIS EMAS   TELUSURI DUGAAN SUAP, KPK BENARKAN TELAH MINTA DIRJEN IMIGRASI CEGAH MANTAN PEGAWAI DITJEN PAJAK PERGI KE LUAR   PRESIDEN JOKO WIDODO MENYATAKAN "POSITIVITY RATE" KASUS KORONA DI INDONESIA TERUS MENURUN   PRESIDEN JOKOWI IMBAU MASYARAKAT INDONESIA TIDAK PERLU KHAWATIR DENGAN VARIAN BARU VIRUS KORONA   PRESIDEN JOKO WIDODO: BELUM ADA BUKTI VARIAN BARU VIRUS KORONA LEBIH MEMATIKAN   JPU: DJOKO TJANDRA TERBUKTI MENYUAP JAKSA PINANGKI, IRJEN NAPOLEON, DAN BRIGJEN PRASETIJO DALAM KASUS "RED NOTICE"   JAKSA TUNTUT 4 TAHUN PENJARA DAN DENDA RP 100 JUTA TERHADAP DJOKO TJANDRA DALAM KASUS SUAP "RED NOTICE" DAN FATWA MA   GARUDA SEDIAKAN LAYANAN TES CEPAT ANTIGEN GRATIS BAGI PENUMPANG RUTE DOMESTIK SELAMA BULAN MARET 2021   KEJATI KEPULAUAN RIAU DAN KKP TENGGELAMKAN 6 KAPAL ASING BERBENDERA VIETNAM YANG MENCURI IKAN DI KEPULAUAN RIAU   SEMPAT DITUNDA, LAGA UJI COBA TIM NASIONAL SEPAK BOLA U-23 MELAWAN P-S TIRA PERSIKABO DIGELAR JUMAT, 5 MARET 2021   PRESIDEN JOKO WIDODO AJAK MASYARAKAT CINTA PRODUK DALAM NEGERI AGAR PRODUK LOKAL BISA KUASAI PASAR INDONESIA   HINGGA SAAT INI SUDAH 36.897 ORANG MENINGGAL AKIBAT TERPAPAR COVID-19 DI INDONESIA   RAPIMNAS PARTAI GOLKAR AKAN MEMBAHAS PEMULIHAN KESEHATAN DI TENGAH COVID-19 DAN EKONOMI NASIONAL   PARTAI GOLKAR AKAN MENGGELAR RAPIMNAS SECARA VIRTUAL PADA TANGGAL 5-6 MARET 2021