Kompas TV nasional peristiwa

Wakil Ketua Komisi III Berjanji Tidak Akan Main-main Pilih Hakim Agung

Kompas.tv - 28 Januari 2021, 07:09 WIB
wakil-ketua-komisi-iii-berjanji-tidak-akan-main-main-pilih-hakim-agung
Gedung Mahkamah Agung. (Sumber: mahkamahagung.go.id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Hari pertama uji kelayakan dan kepatutan calon hakim agung di Komisi III DPR, berlangsung Rabu (27/1/2021). Pada sesi pertama tersebut telah diuji dua orang calon hakim, yaitu Calon Hakim Industrial Andari Yuriko Sari dari latar belakang akademis. Dan yang kedua Calon Hakim Pengadilan Pajak Triono Martanto. 

Menurut Wakil Ketua Komisi IIII Desmon J Mahesa, hakim pajak jangan sampai merugikan negara. Dia pun mewanti-wanti agar para hakim tidak main kongkalikong dengan pengemplang pajak.

Baca Juga: Potret Pemilihan Ketua MA di Tengah Pandemi Corona, Hakim Agung Bermasker

Sementara kepad calon hakim peradilan Hakim Industrial, Desmond menilai peradilan Mahkamah Agung tidak bisa dikatakan bersih. Sebab, menurut politisi Partai Gerindra ini, para hakim cenderung memenangkan perkara para pengusaha. "Hari ini putusan di Mahkamah Agung penuh dengan pertanyaan, dalam kontek hubungan industrial, tentu peran buruh dengan modal itu lemah," kata Desmon.

Baca Juga: Hari Ini DPR Uji Kelayakan Calon Hakim Agung dan Hakim Ad Hoc

Karena itu, Desmon berjanji tidak akan main-main dalam memilih para calon hakim agung ini. 
"Komisi III harus berhati-hati memilih hakim yang bermasalah dengan negara, walaupun kita juga maklumi orang-orang yang di lapangan dalam menetapkan wajib pajak bermasalah itu juga manusia biasa tapi kan harus ada upaya dalam masuk peradilan pajak," kata Desmon. 

Uji kelayakan dan kepatutan terhadap para calon hakim agung dan calon hakim ad hoc akan dilanjutkan pada di Komisi III DPR hari ini, Kamis (28/1/2021). 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x