Kompas TV internasional kompas dunia

Oxfam: Selama Pandemi, 10 Orang Terkaya Dunia Justru Bertambah Kaya

Kamis, 28 Januari 2021 | 03:42 WIB
oxfam-selama-pandemi-10-orang-terkaya-dunia-justru-bertambah-kaya
Jeff Bezos, orang terkaya dunia 2020 (Sumber: AP Photo)

Penulis : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV – Organisasi nirlaba asal London, Inggris, Oxfam menyebut, selama pandemi, jumlah total kekayaan gabungan 10 orang terkaya dunia naik hingga 540 milyar dolar Amerika Serikat (AS), atau setara dengan 7.630 trilyun rupiah. Jumlah ini diklaim Oxfam akan mampu mencegah dunia jatuh ke dalam jurang kemiskinan akibat pandemi dan mampu membeli vaksin bagi semua orang di seluruh dunia.

Laporan ini dikemukakan Oxfam dalam pertemuan Forum Ekonomi Dunia, Dialog Davos, yang digelar secara virtual pada akhir bulan ini.

Menurut Oxfam, pada Desember 2020, jumlah total kekayaan gabungan para milyarder di seluruh dunia mencapai 11,95 trilyun dolar AS, setara dengan pengeluaran pemulihan ekonomi negara-negara G20 yang digabungkan.

Ke-10 orang terkaya dunia ini, yang harta kekayaannya naik sejak Maret 2020, termasuk pendiri Amazon Jeff Bezos, pendiri Tesla Elon Musk dan pendiri Facebook Mark Zuckerberg.

Baca Juga: Orang Terkaya Dunia 2020 Forbes: Jeff Bezos, Bill Gates dan Bernard Arnault

Oxfam menyebut, kekayaan para milyarder ini meningkat akibat kenaikan kembali harga saham yang sempat merosot dan adanya kecurangan dalam pasar. Ini, membuat kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin makin lebar selama pandemi, yang diklaim merupakan kondisi ekonomi terburuk dalam satu abad terakhir.    

Karantina wilayah yang diterapkan akibat pandemi membuat permintaan layanan digital melonjak naik selama 2020, hingga penjualan dan harga saham perusahaan teknologi meningkat. Ini membuat milyarder seperti Bezos – yang harta kekayaannya lebih dinilai berdasarkan properti dan saham yang dimiliki ketimbang gaji atau penghasilan yang didapat – bertambah kaya.

Dalam hal ini, “kekayaan” tidak sama dengan pendapatan. Perkiraan kekayaan mengacu pada kekayaan bersih individu, termasuk uang mereka, nilai aset dan nilai saham yang mereka miliki. Kenaikan harga saham berkaitan dengan kekayaan bersih yang lebih dirasakan oleh perusahaan secara keseluruhan ketimbang pemegang saham itu sendiri.

Baca Juga: Elon Musk Menjadi Orang Terkaya di Dunia Dengan Kekayaan Mencapai AS$ 185 miliar

Laporan Oxfam menyatakan, kekayaan Bezos meningkat pesat antara Maret – September 2020, sehingga ia bisa saja memberikan bonus bagi seluruh 876.000 karyawan Amazon masing-masing sebesar 105.000 dolar AS dan tetap sekaya sebelum pandemi.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:08
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19