Kompas TV internasional kompas dunia

Sedih, Karnaval Rio di Brazil Akhirnya Batal Digelar Tahun Ini Karena Pandemi Covid-19

Jumat, 22 Januari 2021 | 18:48 WIB
sedih-karnaval-rio-di-brazil-akhirnya-batal-digelar-tahun-ini-karena-pandemi-covid-19
Anggota sekolah samba Barroca Zona Sul sedang menari riang saat ikut serta dalam parade Karnaval di Sao Paulo, Brasil, pada 21 Februari 2020. Karnaval Rio yang sedianya digelar Febuari, diundur ke bulan Juli, namun akhirnya Karnaval Rio 2021 dibatalkan karena pandemi Covid-19 (Sumber: Xinhua/Rahel Patrasso)

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.TV - Pecinta karnaval, terlebih lagi karnaval yang paling kubro sejagat yaitu Karnaval Rio, anda kali ini boleh bersedih namun apa boleh buat. Wali Kota Rio de Janeiro Eduardo Paes hari Kamis (21/01/2021) mengumumkan tahun ini Karnaval Rio ditiadakan karena pandemi Covid-19, demikian dilansir Xinhua, Jum'at (22/01/2021). 

"Tidak pernah saya sembunyikan perasaan ini dan hasrat saya untuk karnaval kita, apalagi visi saya jelas terkait nilai ekonomi dan tentang ekspresi budayanya (dari karnaval itu) bagi kota kita. Namun mau bagaimana lagi, tampaknya tiada gunanya lagi saya berangan-angan bila kondisi kota kita memungkinkan untuk perhelatan akbar kita, yaitu Karnaval di bulan Juli," tulis Paes lirih di akun Twitternya. 

Karnaval Rio di kota Rio de Janeiro sudah dimundurkan jadwalnya sebanyak dua kali, sedianya terjadwal untuk dipestakan pada 13 - 16 Februari nanti, namun mundur ke bulan Juli. Kini, keputusannya aalah harus menunda hingga ke tahun depan karena pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kasus Covid-19 di Rio De Janeiro Melonjak, Kematian Meningkat

Seorang siswa sekolah samba Sao Clemente di Rio de Janeiro selfi esebelum memulai tarian pada karnaval dan parade di Rio de Janeiro awal tahun 2020. Karnaval Rio yang sedianya digelar Febuari, diundur ke bulan Juli, namun akhirnya Karnaval Rio 2021 dibatalkan karena pandemi Covid-19 (Sumber: The Atlantic)

"Perayaan ini membutuhkan banyak persiapan dari lembaga dan institusi publik serta gilda (guild) yang terkait samba. Sesuatu yang tidak mungkin dilakukan saat ini," kata Paes.

Kendati demikian, sang wali kota meyakinkan jika vaksinasi massal COVID-19 berhasil, pada 2022, "Jika vaksinasi massal Covid-19 berhasil, pada 2022, "kami akan dapat merayakan kehidupan dan budaya kami dengan seluruh geletar yang layak kami dapatkan."

Karnaval Rio de Janeiro adalah pesta terbuka terbesar di dunia, menarik jutaan pengunjung setiap tahun, baik warga Brasil maupun warga asing.

Penulis : Edwin Shri Bimo


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:37
TOTAL WNI POSITIF COVID-19 DI LUAR NEGERI ADALAH 3.677: 2.792 SEMBUH, 172 MENINGGAL DUNIA, DAN 713 DALAM PERAWATAN   VAKSINASI COVID-19 WARGA LANSIA DI KABUPATEN/KOTA DI TANGERANG SELATAN AKAN DILAKSANAKAN AKHIR MARET 2021   KEMENKES UMUMKAN PENEMUAN DUA KASUS MUTASI COVID-19 B117 ASAL INGGRIS DI INDONESIA   FRAKSI PAN USULKAN AGAR PEMPROV DKI JAKARTA MENUTUP TOTAL TEMPAT HIBURAN MALAM SELAMA PPKM   HINGGA 2 MARET 2021, PASIEN COVID-19 DI RUMAH SAKIT DARURAT WISMA ATLET KEMAYORAN MENCAPAI 4.601 ORANG   KETUA DPR NILAI KECEPATAN PROGRAM VAKSINASI AKAN TERGANTUNG PADA KESIAPAN PUSKESMAS DI SELURUH INDONESIA   KETUA DPR PUAN MAHARANI MENYATAKAN PUSKESMAS MEMILIKI PERAN PENTING DALAM PELAKSANAAN COVID-19   IDI: HINGGA 28 FEBRUARI 2021, SEBANYAK 325 ORANG DOKTER MENINGGAL DUNIA AKIBAT COVID-19   PEMERINTAH AKAN BUKA PENERIMAAN 1 JUTA APARATUR SIPIL NEGARA UNTUK FORMASI GURU   PRESIDEN JOKOWI CABUT PERPRES IZIN INVESTASI MIRAS ATAU MINUMAN BERALKOHOL   KPK DALAMI ALIRAN UANG DARI KASUS DUGAAN KORUPSI PROYEK INFRASTRUKTUR YANG MENJERAT GUBERNUR SULSEL NURDIN ABDULLAH   MENTERI LUAR NEGERI NEGARA ANGGOTA ASEAN DIJADWALKAN GELAR PERTEMUAN VIRTUAL KHUSUS BAHAS SITUASI DI MYANMAR   WAKIL KETUA DPR AZIS SYAMSUDDIN: INDONESIA PERLU AMBIL PERANAN LEBIH BESAR DALAM SIKAPI DINAMIKA POLITIK DI MYANMAR   KPK & 27 BUMN TEKEN KERJA SAMA TINGKATKAN PENANGANAN PENGADUAN DALAM UPAYA PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA KORUPSI