Kompas TV regional peristiwa

Gunung Merapi 8 Kali Luncurkan Awan Panas

Kamis, 21 Januari 2021 | 08:15 WIB

SLEMAN, KOMPAS.TV – Aktivitas vulkanik Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Yogyakarta terus meningkat. Pada Rabu siang hingga petang, terhitung ada 8 kali luncuran awan panas.

Luncuran awan panas ini terekam kamera pengamat milik balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi Yogyakarta. 

Luncuran awan panas terjadi sebanyak 8 kali, pada periode pukul 12 siang hingga 18 petang.  

Rangkaian guguran awan panas Gunung Merapi mencapai 1500 meter, ke arah barat daya.

Hingga saat ini, status Gunung Merapi masih berada di level tiga, atau siaga. 

Sementara potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya, hingga sejauh maksimal 5 kilometer. 

Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi letusan eksplosif dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak.

BPPTKG Yogyakarta mengubah rekomendasi zona bahaya Merapi. Hal ini menindaklanjuti erupsi Gunung Merapi yang mengarah ke sisi barat daya. 

Sementara ratusan warga dari Dusun Kalitengah masih bertahan di pengungsian.

Arah bahaya kini berada di sisi barat daya. Hal itu terlihat dari luncuran lava pijar dan awan panas guguran yang mengarah ke hulu sungai krasak dan boyong.

BPPTKG Yogyakarta mengubah rekomendasi zona bahaya yang sebelumnya ke arah selatan-tenggara, menjadi selatan-barat daya.

Dengan perubahan rekomendasi bahaya erupsi ini, dusun Kalitengah Lor di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, kini dianggap relatif aman.

Penulis : Merlion Gusti


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:52
BMKG MEMPREDIKSI SEBAGIAN WILAYAH JABODETABEK AKAN HUJAN DENGAN INTENSITAS RINGAN PADA HARI INI   JAKSA SEBUT NURHADI & REZKY TERBUKTI TERIMA SUAP RP 45,7 MILIAR DARI DIREKTUR UTAMA PT MULTICON INDRAJAYA TERMINAL   MENANTU NURHADI, REZKY HERBIYONO, DITUNTUT 11 TAHUN PENJARA DITAMBAH DENDA RP 1 MILIAR SUBSIDER 6 BULAN KURUNGAN   EKS SEKRETARIS MA NURHADI DITUNTUT 12 TAHUN PENJARA DITAMBAH DENDA RP 1 MILIAR SUBSIDER 6 BULAN KURUNGAN   TIM DVI RS POLRI: SEBANYAK 59 DARI 62 KORBAN JATUHNYA PESAWAT SRIWIJAYA AIR SJ-182 TELAH TERIDENTIFIKASI   FRAKSI PAN DPRD DKI DUKUNG KEBIJAKAN PEMPROV DKI YANG INGIN MENJUAL SAHAM PERUSAHAAN BIR DI PT DELTA DJAKARTA   PENELITI FORMAPPI LUCIUS KARUS MEMINTA USUL HAK INTERPELASI SOAL BANJIR DI JAKARTA JANGAN DIANGGAP SEBAGAI LELUCON   PENELITI FORMAPPI LUCIUS KARUS: TAK ADA PERUBAHAN SERIUS SOAL KEBIJAKAN PEMPROV DKI DALAM MENANGANI BANJIR   FRAKSI PSI KEMBALI AJUKAN HAK INTERPELASI KEPADA GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN SOAL PENANGANAN BANJIR DI JAKARTA    PEMPROV DKI SIAPKAN STRATEGI PENANGGULANGAN MUTASI COVID-19 DARI INGGRIS ATAU B.1.1.7 YANG SUDAH MASUK KE INDONESIA    WAMENKES: DUA KASUS COVID-19 MUTASI B.1.1.7 DITEMUKAN SETELAH PENGECEKAN PADA 462 KASUS DALAM BEBERAPA BULAN TERAKHIR   SATU TAHUN PANDEMI, MUTASI COVID-19 ASAL INGGRIS ATAU B.1.1.7 MASUK KE INDONESIA   TNI AD LAKUKAN VAKSINASI SERENTAK COVID-19 DI LINGKUNGAN MARKAS BESAR ANGKATAN DARAT   PLT WALI KOTA JAKARTA SELATAN ISNAWA ADJI: ADA 10 TITIK DI JAKARTA SELATAN UNTUK KEGIATAN VAKSINASI COVID-19