Kompas TV nasional breaking news

DPR Setujui Komjen Listyo Sigit Prabowo Jadi Kapolri

Rabu, 20 Januari 2021 | 15:45 WIB
dpr-setujui-komjen-listyo-sigit-prabowo-jadi-kapolri
Calon tunggal kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo saat mengikuti uji kepatutan dan kelayakan dengan Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021) (Sumber: Dok. Divisi Humas Polri via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Akhirnya, secara aklamasi Komisi III DPR RI menyetujui Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Hal ini tercapai setelah mantan Kapolda Banten itu menjalani fit and proper test yang digelar Komisi III dan untuk selanjutnya, tinggal menunggu pengesahan dari pimpinan DPR untuk disahkan menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Pol Idham Azis.

“Berdasarkan pandangan dan catatan fraksi, pimpinan dan anggota Komisi III secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat dari jabatan Kapolri atas nama Jenderal Idham Azis dan menyetujui pengangkatan Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri,” kata Ketua Komisi III Herman Hery, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga: Alasan Calon Kapolri Listyo Sigit Tak Ingin Polisi Lalu Lintas Menilang Pengendara

Herman Hery melanjutkan, atas persetujuan ini, Komisi III akan segera bersurat kepada pimpinan DPR untuk mengagendakan rapat paripurna pengesahan Kapolri terpilih.

“Selanjutnya ditetapkan dalam rapat paripurna terdekat dan akan diproses sesuai peraturan perundang-undangan,” ujarnya.

Uji kepatutan dan kelayakan terhadap Sigit hari ini berlangsung sekitar empat jam. Sigit memaparkan visi dan misinya sebagai calon Kapolri. Keputusan itu diambil setelah Komisi III mendalami paparan Sigit dan melakukan rapat pleno.

Penulis : Gading Persada


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:32
SEBANYAK 17 ORANG TEWAS DALAM SERANGAN UDARA DI SURIAH YANG DIPERINTAHKAN OLEH PRESIDEN AS JOE BIDEN   PRESIDEN AS JOE BIDEN PIMPIN OPERASI MILITER YANG MENYASAR KELOMPOK PRO-IRAN DI PERBATASAN SURIAH DAN IRAK   LEBIH DARI 30 ASBAK ROKOK DI RUANG KERJA ASN KULON PROGO, DIY, DISITA DALAM PENEGAKKAN PERDA KAWASAN TANPA ROKOK   SEBANYAK 125 RUMAH DI KOTA TEGAL RUSAK AKIBAT DITERJANG PUTING BELIUNG   ANTISIPASI PENYEBARAN COVID-19, PEMKOT SEMARANG MENIADAKAN PESTA RAKYAT DI PELATINKAN WALI KOTA SEMARANG TERPILIH   SISTEM TILANG ELEKTRONIK (ETLE) SEGERA DITERAPKAN DI KOTA PANGKALPINANG, KEPULAUAN BANGKA BELITUNG   BUPATI SERANG DAN WALI KOTA CILEGON TERPILIH DALAM PILKADA 2020 DILANTIK OLEH GUBERNUR BANTEN WAHIDIN HALIM   KANTOR WALI KOTA JAKARTA PUSAT DITUTUP SEMENTARA HINGGA AKHIR FEBRUARI 2021 SETELAH 3 ASN POSITIF COVID-19   DISPARBUD GARUT SEBUT PEMANGKASAN CUTI BERSAMA 2021 PENGARUHI PENDAPATAN MASYARAKAT   WAPRES MA'RUF AMIN BERHARAP VAKSINASI COVID-19 BAGI ATLET BISA MEMOTIVASI MASYARAKAT UNTUK TIDAK TAKUT DIVAKSIN   SATGAS COVID-19: PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN JADI UPAYA PENCEGAHAN VIRUS YANG PALING EFEKTIF HINGGA SAAT INI   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT TAK HENTI TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN   PRESIDEN JOKOWI MINTA AGAR TOL LANGIT PALAPA RING TERSAMBUNG HINGGA RUMAH WARGA   PRESIDEN JOKOWI SEBUT UTILITAS INFRASTRUKTUR TOL LANGIT PALAPA RING BARU MENCAPAI 50%