Kompas TV nasional viral

Viral, Warga Amerika Bernama Kristen Gray Ajak Masuk Bali secara Ilegal

Kompas.tv - 18 Januari 2021, 17:50 WIB
viral-warga-amerika-bernama-kristen-gray-ajak-masuk-bali-secara-ilegal
Warga Amerika dengan nama alias Kristen Gray yang ajak turis asing masuk Bali secara ilegal. (Sumber: Twitter/@kristentootie)
Penulis : Ahmad Zuhad

BALI, KOMPAS.TV - Seorang warga Amerika memicu polemik di media sosial Twitter. Pemilik akun Twitter Kristen Gray dengan username @kristentootie mengajak warga negara lain datang ke Bali secara ilegal.

Kristen Gray mengaku sebagai seorang pengusaha desain grafis yang hidup nomaden. Awalnya, ia pergi dari Amerika selama enam bulan dan kesulitan mendapat pekerjaan pada 2019.

Dengan sisa uangnya, ia sengaja pindah ke Bali agar bisa hidup mewah karena dolar memiliki nilai Iebih tinggi dari rupiah.  Ia juga mengaku membutuhkan ketenangan dari pemilihan presiden Amerika Serikat 2019.

Kristen pun mengaku betah tinggal di Bali. Salah satu yang membuatnya betah adalah biaya hidup di Bali yang lebih murah dari biaya hidup di Amerika.

Di Los Angeles, Amerika Serikat, ia harus mengeluarkan uang 1.300 dolar Amerika untuk menyewa studio. Sementara, di Bali ia bisa membeli rumah pohon seharga 400 dolar Amerika.

Ia kemudian menawarkan bukunya kepada warganet. Buku Kristen Gray ini berisi berbagai tips mengakali kebijakan visa Indonesia saat pandemi Covid-19.

“Kenapa aku harus membayar pajak kalau aku tak pernah menghasilkan rupiah? Aku membayar pajak Amerika karena menghasilkan uang dolar,” kata Saundra, pacar Kristen ketika warganet Indonesia menyoroti kewajiban membayar pajak.

Kristen Gray pun menerima banyak kecaman dari warganet Indonesia.

Kemenkumham Bali pun terdorong mencari keberadaan Kristen karena cuitan viral itu. Namun, nama Kristen Gray tak dapat ditemukan dalam sistem imigrasi.

"Sejauh ini kami cek di data perlintasan belum ada mendapatkan nama Kristen Grey," kata Kepala Divisi Keimigrasian Wilayah Kemenkumham Bali Eko Budianto pada Senin (18/1/2021).

“Kami sudah menurunkan beberapa tim. Tim melakukan pengecekan terhadap sponsor yang bersangkutan dan alamatnya benar di Bali,” kata Eko lagi.

Eko memperkirakan, pemilik akun Twitter itu berada di kawasan Nusa Dua, Bali.

Pihaknya menyebut akan terus mencari jejak Kristen Gray dan mendalami kasusnya untuk mengetahui aturan apa yang dilanggar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x