Kompas TV nasional peristiwa

Ini Bagian CVR yang Berhasil Ditemukan Tim Operasi SAR Sriwijaya Air SJ-182

Kompas.tv - 15 Januari 2021, 19:13 WIB
ini-bagian-cvr-yang-berhasil-ditemukan-tim-operasi-sar-sriwijaya-air-sj-182
Kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah ditemukan oleh Tim penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) TNI AL, Selasa (12/1/2021) petang. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tim gabungan operasi SAR Sriwijaya Air SJ-182 berhasil menemukan bagian dari Cockpit Voice Recorder (CVR) atau alat perekam suara kokpit.

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksda TNI Abdul Rasyid menjelaskan bagian dari CVR tersebut yakni pelindung atau body protector dan baterai atau yang dikenal dengan Beacon.

Tim penyelam saat ini masih mencari memori CVR yang berfungsi sebagai perekam suara di kokpit. Menurut Abdul Rasyid, baterai beacon berukuran lebih kecil dari memori CVR.

Baca Juga: Bagian CVR Sriwijaya Air SJ-182 Ditemukan, Pencarian Mulai Dipersempit

“(Memori CVR) panjangnya kurang lebih 32 centimeter, sama dengan kotak sepatu. Kalau baterainya lebih kecil,” ujarnya saat jumpa pers, Jumat (15/1/2021).

Abdul Rasyid menambahkan kemungkinan besar memori CVR dalam keadaan utuh. Informasi dari KNKT alat tersebut tahan terhadap benturan.

Nantinya pencarian akan dipersempit dilokasi ditemukannya baterai dan pelindung CVR.

“Karena sudah ditemukan baterainya atau Beacon, body protector-nya, harapan kita tidak jauh dari area situ. Tadi penyelam itu berbaris menyisir, karena sinyal sudah terlepas disinlah kesulitannya. Tetapi kita tatap bersabar dan teliti, mudah-mudahan dua sampai tiga hari ke depan kita bisa temukan,” ujarnya.

Baca Juga: Terbaru! KNKT Berhasil Unduh Data Black Box Sriwijaya Air SJ182

Sejauh ini tim gabungan telah mengumpulkan 40 kantong berisi serpihan kecil pesawat dan 33 potongan besar badan pesawat.

Untuk korban, total ada 239 kantong jenazah berisi bagian tubuh korban yang telah dievakuasi.

Flight data recorder (FDR), bagian kotak hitam pesawat, juga telah ditemukan dan dievakuasi pada Selasa (12/1/2021).

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x