Kompas TV nasional breaking news

Terbaru! KNKT Berhasil Unduh Data Black Box Sriwijaya Air SJ182

Kompas.tv - 15 Januari 2021, 12:25 WIB
terbaru-knkt-berhasil-unduh-data-black-box-sriwijaya-air-sj182
Kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 telah ditemukan oleh Tim penyelam dari Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) TNI AL, Selasa (12/1/2021) petang. (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Sadryna Evanalia

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) berhasil mengunduh data kotak hitam atau black box dari pesawat Sriwijaya Air SJ182 yang jatuh di perairan Kepulauan Seribu.

“Setelah flight data recorder (FDR) ditemukan dan diserahkan ke KNKT sejak 13 Januari 2021, data di dalam FDR berhasil diunduh,” kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjo dalam keterangan tertulis pada Jumat (15/1/2021).

Menurutnya ada 330 parameter di dalam kotak hitam dan semua dalam kondisi baik. Kotak hitam tersebut pun tengah dipelajari oleh KNKT.

Sebelum proses pengunduhan data, diperlukan treatment khusus yang harus dilakukan kepada black box FDR tersebut.

“Kami membersihkan unit memori, dari kotoran sisa-sisa garam yang menempel karena terendam air laut,” tulis rilis KNKT pada Jumat (15/1/2021).

Saat ini, KNKT masih menunggu ditemukannya CVR (Cokcpit Voice Recorder) oleh Tim Gabungan. CVR merupakan salah satu bagian penting kotak hitam lainnya yang digunakan untuk proses investigasi lebih lanjut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x