Kompas TV internasional kompas dunia

WHO: Pandemi di Tahun 2021 Bisa Lebih Buruk Daripada 2020

Jumat, 15 Januari 2021 | 04:25 WIB
who-pandemi-di-tahun-2021-bisa-lebih-buruk-daripada-2020
Kepala Keadaan Darurat WHO Mike Ryan memprediksi tahun 2021 akan lebih sulit dari 2020, terutama di bulan-bulan pertama. (Sumber: Reuters)

JENEWA, KOMPAS.TV – Pada Rabu (13/1/2021), Kepala keadaan darurat Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/ WHO) Mike Ryan, memperingatkan bahwa tahun kedua pandemi virus corona kemungkinan lebih buruk daripada tahun 2020, setidaknya dalam beberapa bulan pertama.

“Kita akan memasuki tahun kedua saat ini. Tahun kedua bahkan bisa lebih sulit, mengingat dinamika transmisi dan beberapa masalah yang kami lihat,” kata Mike Ryan seperti dikutip dari Reuters.

Ryan menyampaikan hal ini dalam diskusi daring dengan beberapa pejabat WHO lainnya. Ia menyampaikan, 2021 lebih sulit, terutama pada negara-negara yang berada di bumi belahan utara.

Baca Juga: Tim Investigasi WHO untuk Menyelidiki Asal-Mula Covid-19 Sudah Tiba di Wuhan

Tahun 2021 diprediksi lebih sulit dari 2020 karena saat ini telah ditemukan dua virus corona varian baru dari Inggris dan Afrika Selatan. Kedua virus jenis ini terbukti lebih mudah menular. Namun tidak terbukti lebih berbahaya dibandingkan dengan jenis sebelumnya.

Ryan menegaskan penting untuk belajar dari hal-hal yang berhasil dan tidak berhasil di setiap negara untuk memerangi virus itu dari berbagai aspek, yaitu sains, komunikasi publik, pemerintahan. Kita diharapkan dapat menemukan kombinasi terbaik dari semua pembelajaran tersebut.

Ia menyampaikan, pada akhir tahun lalu terjadi pelaporan yang tidak akurat dari data yang menunjukkan  penurunan infeksi Covid-19 selama masa liburan, sehingga menimbulkan kesan tenang yang semu selama pandemi. Setelah itu, menurutnya kasus kembali meningkat, dengan tambahan 5 juta infeksi Covid-19 di seluruh dunia dan 85.000 kematian.

Penulis : Tussie Ayu


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Supri Selalu Salah
Minggu, 17 Januari 2021, 01:10 WIB
mending nggak usah beritain who. nggak ada bangun optimisnya. yg ada malah bikin dunia ketakutan. anjuran dokter aja kudu optimis sembuh. who malah bikin ketakutan global.



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:12
PENCOPOTAN 12 ANGGOTA GARDA NASIONAL DARI TIM KEAMANAN BIDEN KARENA BERPOTENSI MEMILIKI PAHAM EKSTREMIS   SEBANYAK 12 ANGGOTA GARDA NASIONAL DICOPOT DARI TIM KEAMANAN PELANTIKAN PRESIDEN TERPILIH AS   MENLU AS MIKE POMPEO SEBUT TIONGKOK TELAH MELAKUKAN GENOSIDA TERHADAP ETNIK UIGHUR DI XINJIANG   LIGA 1 DAN LIGA 2 2020 DIBATALKAN KARENA PANDEMI KORONA   BNPB: JALUR MENUJU 5 DESA DI KECAMATAN ULUMANDA, SULBAR, SUDAH BISA DILALUI KENDARAAN RODA DUA   BASARNAS PASTIKAN TANDA SOS DI PULAU LAKI, KEPULAUAN SERIBU, ADALAH HOAKS   KEMENDIKBUD: 30 RIBUAN SEKOLAH BELAJAR TATAP MUKA SAAT PANDEMI PER 14 JANUARI 2021   SEBANYAK 686 PENGUNGSI GEMPA DI MAJENE DAN MAMUJU, SULBAR, DIEVAKUASI KE KOTA MAKASSAR, SULAWESI SELATAN   KPU CIANJUR TUNDA PLENO PENETAPAN BUPATI TERPILIH   ASOSIASI PEDAGANG DAGING INDONESIA (APDI) SEBUT PEMERINTAH AKAN MENGIMPOR DAGING SAPI DARI AUSTRALIA DAN MEKSIKO   KEMENDAG PATOK HARGA DAGING SAPI PALING MAHAL RP 130.000 PER KG   PROTES LONJAKAN HARGA DAGING SAPI DI RPH, PEDAGANG DAGING SAPI DI JABODETABEK MOGOK JUALAN   BMKG: SAAT INI SEBAGIAN BESAR WILAYAH INDONESIA MEMASUKI PUNCAK MUSIM HUJAN, WASPADA CUACA EKSTREM   PRESIDEN JOKOWI PERBOLEHKAN PENAMAAN PULAU, GUNUNG, DAN SUNGAI MENGGUNAKAN BAHASA ASING