Kompas TV video cerita indonesia

Saat Bebas, Abu Bakar Ba'asyir Dikawal Oleh BNPT dan Densus 88 Hingga Sukoharjo

Kompas.tv - 8 Januari 2021, 13:08 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPAS.TV – Terpinda kasus terorisme Abu Bakar Ba’asyir hari ini bebas murni. Hal ini dikonfirmasi oleh Kabag Humas dan Protokol Ditjenpas Kemenkumham Rika Aprianti.

“Bapak Abu Bakar Ba’asyir pada hari ini, hari Jumat 8 Januari 2021 sudah dibebaskan dari lapas khusus Gunung Sindur setelah menjalani putusan pidana 15 tahun. Tadi sudah dibebaskan sekitar pukul 05.30 WIB”, ungkap Rika saat memberikan keterangan pers kepada wartawan (8/1).

Ba’asyir dijemput oleh tim pengacara dan keluarga di Lapas Gunung Sindur. Ia kemudian diantar ke kediamannya di Sukoharjo dengan mendapat pengawalan dari BNPT dan Densus 88.

 “Setelah kita serahterimakan kepada keluarga, selanjutnya keluarga Abu Bakar Baasyir didampingi tim pengacara dan juga keluarga langsung bertolak ke kediaman di Sukoharjo. Itu diberi pengawalan oleh BNPT maupun Densus 88”, tambahnya.

Sebelum bebas, kondisi kesehatan Ba’asyir sempat diperiksa oleh tim medis. Ia dinyatakan sehat dan bebas dari Covid-19.

Pembebasan Ba’asyir dilakukan dengan protokol kesehatan. Keluarga dan kuasa hukum yang datang, wajib menyertakan bukti bebas Covid-19. 

“Kita lebih menghindari terjadinya risiko paparan Covid-19. Makanya pelaksanaan Abu Bakar Ba’asyir dilakukan dengan protokol kesehatan. Jadi Abu Bakar Ba’asyir pun sudah dirapid antigen, dan hasilnya negatif. Yang menjemput pun wajib melampirkan surat keterangan swab”, tambahnya.

Abu Bakar Ba’asyir adalah terpidana kasus terorisme. Ia dinyatakan bebas murni setelah menjalani hukuman 15 tahun penjara.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x