Kompas TV regional peristiwa

Kadinsos Curiga Gelandangan Makin Banyak Imbas Blusukan Risma, Anies Minta Cek Identitas

Kompas.tv - 6 Januari 2021, 19:34 WIB
kadinsos-curiga-gelandangan-makin-banyak-imbas-blusukan-risma-anies-minta-cek-identitas
Gubernur DKI Anies Baswedan sedang berbincang dengan Waki Gubernur DKI Ahmad Riza Patria di pelataran Balai Kota DKI Jakarta. (Sumber: Instagram Anies Baswedan)
Penulis : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Blusukan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma beberapa kali rupanya menemukan banyak tunawisma di jalanan DKI Jakarta.

Kepala Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat (Kadinsos Jakpus) Ngapuli Parangin-angin bahkan curiga para gelandangan itu bermunculan karena janji manis yang disampaikan Risma saat blusukan.

Pasalnya, menurut Ngapuli, Risma menjanjikan kepada masyarakat marjinal akan diberikan pekerjaan hingga tempat tinggal.

Baca Juga: Wagub DKI Komentari Risma Blusukan: Baru Dengar Tunawisma di Jalan Sudirman Thamrin

"Beberapa kali Bu Mensos menginfokan dan akan menjanjikan kepada masyarakat marjinal akan diberikan pekerjaan, diberikan rumah, dan ini agak curiga apakah informasi seperti itu orang yang dari luar Jakarta pada datang ke Jakarta," kata Ngapuli dikutip dari Kompas.com, Rabu (6/1/2021).

Ngapuli pun mengaku sudah berkordinasi dengan jajaran Satuan Polisi Pamong Praja Jakarta Pusat untuk menjaring para tunawisma di wilayahnya.

"Semalam kami bersama Satpol PP menjaring 29 Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial dan semua ditaruh di GOR Tanah Abang," ucapnya.

Menurut dia, seluruh gelandangan yang sudah terjaring itu akan didata dan menjalani asesment oleh psikolog. Dari hasil asesment itu bisa diketahui motif mereka menggelandang di jalanan ibu kota.

"Nanti hasil assesmennya tim Psikolog pasti kebaca, kenapa mereka dan ada apa," ujarnya.

Ngapuli pun memastikan pihaknya akan melakukan pembinaan jika mereka memang benar gelandangan yang tak mempunyai tempat tinggal.

"Kalau memang betul mereka gelandangan akan kita bawa ke panti, kita bina, beri pelatihan dan selama ini kita seperti itu," ujar dia.

Baca Juga: Fadli Zon: Kalau Kecanduan Blusukan, Jangan-jangan Gila Pencitraan

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Risma dibantu petugas menapaki tangga turun ke bantaran Kali Ciliwung, Jakarta, untuk menyapa dan berbincang dengan gelandangan dan pemulung, Senin (28/12/2020). (Sumber: Kemensos)

Heran Keberadaan Tunawisma

Terpisah, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga meminta Dinas Sosial DKI Jakarta untuk memeriksa pengemis yang ditemukan Mensos Risma di kawasan Sudirman-Thamrin.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x