Kompas TV nasional politik

Jokowi Disebut Majukan Nama Boy Rafli Amar Jadi Calon Kapolri Pengganti Idham Azis, Ini Reaksi DPR

Kompas.tv - 1 Januari 2021, 09:19 WIB
jokowi-disebut-majukan-nama-boy-rafli-amar-jadi-calon-kapolri-pengganti-idham-azis-ini-reaksi-dpr
Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafli Amar. (Sumber: KOMPAS.COM/Ambaranie Nadia K.M)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi dikabarkan akan memajukan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Boy Rafli Amar, sebagai calon Kapolri pengganti Idham Azis yang akan pensiun.

Boy Rafli akan menjalani uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI jika benar-benar menjadi pilihan Presiden Jokowi untuk memimpin Korps Bhayangkara tersebut.

Menanggapi isu yang beredar tersebut,
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Pangeran Khairul Saleh, angkat bicara.

Baca Juga: Mengenal Komjen Agus Andrianto, Calon Kuat Kapolri Pengganti Idham Azis Pernah Tangani Kasus Ahok

Pangeran mengatakan, penentuan nama calon Kapolri merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

Hal itu sebagaimana sesuai undang-undang usulan dari Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) atau Kompolnas hanya sebagai usulan ataupun masukan saja.

"Baik usulan administrasi atau teknis, semua terserah kepada Presiden sebagai user. Siapapun yang ditunjuk Presiden itu haknya," kata Pangeran dikutip dari Tribunnews.com pada Jumat (1/1/2021).

Menurut Pangeran, sampai saat ini pihak Istana Kepresidenan belum menyampaikan Surat Presiden (Surpres) yang berisi nama-nama calon Kapolri yang sudah ditandatangani Presiden Jokowi, untuk mengikuti uji kepatutan dan kelayakan di Komisi III DPR RI.

Baca Juga: Tiga Nama Calon Kapolri Sudah Beredar, Siapa Terkuat?

Namun demikian, Pangeran berharap Presiden Jokowi dapat memperhatikan usulan Wanjakti, karena mereka yang mengetahui kondisi internal Kepolisian.

"Begitu juga dengan Kompolnas yang memahami kondisi sosial masyarakat terkait institusi Kepolisian," ujar politikus PAN itu.

Lebih lanjut, Pangeran berharap siapapun pilihan Presiden Jokowi bisa benar-benar yang terbaik, sehingga dapat meneruskan hal-hal baik dari kepemimpinan Kapolri sebelumnya.

Juga sekaligus dapat memperbaiki yang menjadi kekurangan sebelumnya. Dengan begitu, kinerja Polri ke depan semakin baik.

Baca Juga: Wakil Ketua Komisi III DPR Prediksi Jokowi Akan Pilih Calon Kapolri Penurut

"Sehingga kinerja Polri semakin baik ke depannya dan selalu mendapat kepercayaan oleh masyarakat," kata Pangeran.

Profil Komjen Boy Rafli Amar

Jenderal polisi bintang tiga bernama lengkap Boy Rafli Amar Gala Datuak Rangkayo Basa ini diketahui lahir di Jakarta pada 25 Maret 1965.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x