Kompas TV nasional peristiwa

Wakil Ketua Komisi III DPR Prediksi Jokowi Akan Pilih Calon Kapolri Penurut

Kompas.tv - 27 Desember 2020, 10:05 WIB
wakil-ketua-komisi-iii-dpr-prediksi-jokowi-akan-pilih-calon-kapolri-penurut
Gedung Mabes Polri Jakarta (sumber: Tribunnews) 
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis semakin memanas jelang memasuki tahun 2021.

Baca Juga: Kapolri Keluarkan Maklumat Nataru, Ini Isinya

Sebab, Idham Azis akan pensiun dalam satu bulan ke depan. Sementara nama-nama yang diusulkan Jokowi masih belum kelihatan.

Namun menurut Wakil Ketua Komisi Hukum DPR Desmond J. Mahesa, Presiden Joko Widodo kemungkinan akan menyodorkan nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis dengan kriteria penurut.

“Pilihan Jokowi yang nurut dia, bukan kapolri buat rakyat Indonesia,” kata Desmond melalui pesan singkat, Sabtu  (26/12/2020).

Baca Juga: Masih Reses, Surat Presiden ke DPR Soal Kapolri Kemungkinan Dikirim Januari

Sementara sosok yang kemungkinan bakal disodorkan juga masih belum jelas. Bahkan, Desmon sendiri belum bisa menebak siapa sosok calon Kapolri penurut itu. 

Sementara Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan telah mengantongi nama-nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis yang akan diserahkan ke Presiden Jokowi. Tapi , Kompolnas belum menyebutkan siapa saja nama tersebut.

“Kompolnas telah mengantongi calon Kapolri yang akan menggantikan Jenderal Idham Azis, setelah melalui FGD, diskusi internal dan penelusuran rekam jejak,” kata Anggota Kompolnas, Albertus Wahyurudhanto melalui pesan tertulis, Jumat (25/12/2020).

Setidaknya ada tiga nama yang beredar di kalangan sejumlah kalangan, yaitu Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar dan Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x