Kompas TV nasional peristiwa

Tiga Nama Calon Kapolri Sudah Beredar, Siapa Terkuat?

Kompas.tv - 27 Desember 2020, 10:51 WIB
tiga-nama-calon-kapolri-sudah-beredar-siapa-terkuat
Gedung Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Jakarta. (sumber: Tribunnews)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Meski Presiden Jokowi belum mengirimkan surat kepada DPR terkait penunjukkan calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis, namun tiga nama sudah beredar di sejumlah kalangan. Ketiganya merupakan perwira tinggi berpangkat bintang tiga.

Mereka adalah Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar. Boy Rafli Amar selain pernah menjabat Kapolda Banten, juga pernah menjadi Kapolda Papua pada 2017 hingga 2018.

Boy Rafli Amar bernama lengkap Boy Rafli Amar Gala Datuak Rangkayo Basa,  lahir di Jakarta pada 25 Maret 1965.  Ayahnya berasal dari Solok sedangkan ibunya dari Koto Gadang, Agam, Sumatra Barat.

Baca Juga: Kompolnas Segera Serahkan Nama Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

Ia adalah cucu dari sastrawan Indonesia, Aman Datuk Madjoindo. Boy menikah dengan Irawati dan telah dikaruniai dua orang anak.

Karir Boy Rafli Amar mirip dengan Tito Karnavian yang melejit setelah menjabat Kapolda Papua.

Hal yang sama juga, Boy juga saat ini menduduki jabatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Sosok kedua adalah Komjen Gatot Eddy Pramono, yang  dilantik menjadi Wakapolri sejak Desember 2019. Sebelumnya, Gatot Eddy Pramono menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya.

Gatot Eddy Pramono lahir di Solok, Sumatra Barat, pada tanggal 28 Juni 1965. Lulusan Akpol 1988 ini berpengalaman dalam bidang reserse.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Dicopot, IPW Menduga Bagian dari Persaingan Bursa Calon Kapolri

Selain itu, ia juga pernah menduduki posisi Direktur Reskrimum (Dirreskrimum) Polda Metro Jaya di tahun 2011 dan Analis Kebijakan Madya Bidang Pidana Umum Bareskrim Polri pada 2012.

Sebelum menjadi Kapolda Metro Jaya, Gatot bertugas sebagai Wakapolda Sulsel (2016), Staf Ahli Sosial Ekonomi (Sahlisosek) Kapolri (2017), serta Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena) Kapolri (2018).

Dan sosok ketiga adalah Komjen Pol Agus Andrianto, yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Baharkam) Polri.

Agus lahir di Blora, Jawa Tengah pada tanggal 16 Februari 1967. Agus merupakan lulusan akademi polisi 1989 dan  merupakan orang pertama jabat bintang tiga di angkatannya.

Agus diketahui berpengalaman dalam bidang reserse, sebelum jadi Kabaharkam ia menjabat Kapolda Sumut menggantikan Komjen Firli Bahuri, yang menjadi Ketua KPK.

Salah satu karier yang terbilang fenomenal adalah saat dia harus menyidik kasus dugaan penistaan agama yang dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Kala itu, Ahok menjabat sebagai Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri pada 2016.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x