Kompas TV entertainment film

Wonder Woman 1984 Jadi Film dengan Debut Box Office Terbaik Sepanjang Pandemi

Kompas.tv - 28 Desember 2020, 03:15 WIB
wonder-woman-1984-jadi-film-dengan-debut-box-office-terbaik-sepanjang-pandemi
(Salah satu adegan dalam film "Wonder Woman 1984" yang dibintangi oleh Gal Gadot. Sumber: Warner Bros via AP)
Penulis : Tussie Ayu

NEW YORK, KOMPAS.TV - Meskipun tayang perdana secara bersamaan dengan layanan streaming, "Wonder Woman 1984" berhasil menjadi film dengan debut box office terbaik sepanjang pandemi Covid-19. Film ini telah menghasilkan keuntungan sebesar $ 16,7 juta (sekitar Rp  235 miliar), hanya selama akhir pekan Natal di Amerika Serikat.

Film ini meraup tambahan $ 19,4 juta (sekitar Rp 273 miliar) di pasar internasional di mana ia mulai diputar satu minggu sebelum Natal. Seperti yang dikutip dari the Associated Press, film yang dibintangi oleh Gal Gadot ini telah menghasilkan $ 85 juta (sekitar Rp 1.1 triliun) secara global hingga saat ini.

Baca Juga: Ini Fakta Menarik dari Penulis Skenario Film Soul Besutan Pixar dan Disney

Warner Bros menayangkan film “Wonder Woman 1984” di 2.150 bioskop, bersamaan dengan tayang dalam layanan streaming di HBO Max. Keberhasilan film ini menjadi secercah harapan dalam bisnis perfilman yang lesu selama pandemi Covid-19.  

“Tahun ini, bioskop dibuka dengan sangat lemah. Lebih dari separuh bioskop di Amerika Utara ditutup dan pandemi melonjak. Mayoritas penonton bioskop dan penggemar film tidak punya banyak pilihan selain menonton film di televisi,” kata David Gross, yang menjalankan konsultan film FranchiseRe, seperti dikutip dari the Associated Press.

Warner Bros telah mendapat kecaman di seluruh Hollywood atas rencananya untuk malakukan pamutaran film perdana "Wonder Woman 1984" bersamaan dengan pemutaran streaming di HBO MAX. Semua film Warner Bros yang dijadwalkan tayang pada 2021 juga menggunakan pemasaran dengan cara ini. Awal bulan ini, kepala eksekutif AT&T John Stankey mengatakan layanan tersebut memiliki 12,6 juta pengguna aktif, naik dari 8,6 juta pada 30 September.

Baca Juga: Petinggi Marvel Sempat Ragu dengan Bradley Cooper di Film Guardians of The Galaxy, Ini Alasannya

Dari laporan yang beredar, beberapa pengguna mengalami kesulitan teknis untuk melakukan streaming "Wonder Woman 1984", terutama saat memutar film melalui Roku. Setelah negosiasi selama berbulan-bulan, HBO Max akhirnya ditayangkan langsung di Roku pada pertengahan Desember.

"Wonder Woman 1984 memecahkan rekor dan melampaui ekspektasi kami di semua metrik penayangan dan pelanggan utama kami dalam 24 jam pertama di layanan, dan minat serta momentum yang kami lihat menunjukkan bahwa ini kemungkinan akan berlanjut jauh setelah akhir pekan," kata Andy Forssell, Wakil Presiden Eksekutif WarnerMedia.

“Selama masa-masa sulit ini, sangat menyenangkan memberi keluarga pilihan untuk menikmati film yang menggembirakan ini di rumah, di mana menonton teater bukanlah pilihan,” tambah Forssell.

Baca Juga: Film Warner Bros yang Rilis 2021 akan Tayang di HBO Max

"Wonder Woman 1984" bukan satu-satunya film besar yang diputar di rumah-rumah selama Natal. The Walt Disney Co. juga merilis film Pixar terbaru berjudul "Soul", ke Disney +. Film itu ditayangkan di bioskop di beberapa pasar internasional. Di China, film ini menghasilkan keuntungan sebesar $ 5,5 juta (sekitar Rp 77 miliar).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x