Kompas TV entertainment film

Ini Fakta Menarik dari Penulis Skenario Film Soul Besutan Pixar dan Disney

Kompas.tv - 26 Desember 2020, 23:49 WIB
ini-fakta-menarik-dari-penulis-skenario-film-soul-besutan-pixar-dan-disney
Film Soul (2020) (Sumber: movies.disney.com)

KOMPAS.TV - Jika sudah menonton film Soul, pasti kalian tahu ada pergolakan secara emosional dan pesan tersirat yang cukup kuat dalam film ini. 

Ternyata ada fakta menarik dibalik film terbaru Pixar yang didistribusikan oleh Disney yang satu ini. Tercatat dua dari tiga penulis film Soul besutan Pixar Animation Studios memiliki latar belakang sebagai reporter. Mereka adalah Mike Jones dan Kemp Powers.

Selain menulis skenario, Powers juga merupakan asisten sutradara dari Pete Docter untuk film Soul yang bakal memulai debutnya pada 25 Desember di Disney Plus.

Jones dan Powers masuk ke dalam daftar penulis skenario ternama yang berlatar belakang wartawan. Banyak di antara mereka yang mendapatkan penghargaan Oscar seperti Mark Boal (The Hurt Locker), Cameron Crowe (Almost Famous), William Monahan (The Departed), Emeric Pressburger (The Invaders) dan Herman Mankiewicz, Ben Hecht, Charles MacArthur, Rint Larden Jr. serta Billy Wilder.

Jones bergabung dengan Pixar sejak 2013. Pada tahun 2016, ia dipertemukan oleh Pete Docter.

"Pete ingin membuat film di luar tempat dan waktu di mana jiwanya diberikan kepribadian mereka," kata Jones.

"Kami datang dengan gagasan 'Bagaimana jika jiwa yang tak ingin mati bertemu dengan jiwa yang tak ingin hidup dan mereka saling mempengaruhi?'.

Idenya adalah untuk mengeksplorasi apa yang diperlukan untuk menjalani kehidupan yang memuaskan. Ide itu menjadi North Star kami," ujarnya melanjutkan.

Powers menandatangani kontrak pada Agustus 2018. Dia mengatakan, "Dalam versi awal Soul, karakter utamanya adalah seorang aktor, bukan Black."

Namun, Pixar mendapatkan ide tentang musisi jazz berkulit hitam sehingga akhirnya menelepon Powers setelah membaca karyanya yang berjudul One Night in Miami.

"Saya bekerja sangat dekat dengan Pete, Jones, dan seluruh tim. Mungkin setahun setelah saya bergabung, Jones mulai menulis 'Luca' dan Pete meminta saya untuk menjadi asisten sutradara Soul," kata Powers.

Pixar bangga akan kolaborasi tersebut.

Apakah jurnalisme dimasukkan langsung ke dalam penulisan skenario? "Bagi saya, hal itu berkaitan. Menurut saya, kata-kata wartawan tidak seberharga seorang novelis. Dengan ide sederhana, saya menggali informasi karena Anda menginginkan informasi sebanyak mungkin," ujar Powers.

Jones menambahkan, "Fitur pertama saya untuk Variety adalah Festival Film Abu Dhabi. Saya menghabiskan begitu banyak waktu untuk cerita itu".

"Jadi saya menelpon dan bertanya kepada editor apakah boleh? Dia berkata 'kami berhasil'. Pengalaman pertama saya menyadari, saya melupakan betapa berharganya kata-mata saya 'itu (jurnalism me) adalah pendidikan yang bagus'," ungkapnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x