Kompas TV nasional sosial

Mulai 20 Desember Jadwal KRL Commuterline Berubah

Kompas.tv - 18 Desember 2020, 19:41 WIB
mulai-20-desember-jadwal-krl-commuterline-berubah
Mulai 20 Desember mendatang, PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) menyesuaikan jadwal perjalanan commuterline. (Sumber: krl.co.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mulai 20 Desember mendatang, PT Kereta Commuterline Indonesia (KCI) menyesuaikan jadwal perjalanan commuterline.

Penyesuaian jadwal ini dilakukan untuk periode libur Natal dan Tahun Baru.

Adapun penyesuaian jadwal operasional yang diterapkan mulai Minggu 20 Desember 2020 yakni, pukul 04.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB.

Baca Juga: Polri Gelar Rapid Test Acak Buat Masyarakat yang Bepergian di Masa Libur Natal dan Tahun Baru

Menurut Direktur Utama PT KCI Wiwik Widayanti, perubahan jadwal operasional ini untuk menyesuaikan kegiatan perekonomian di wilayah DKI Jakarta yang berakhir hingga pukul 21.00 WIB.

"Serta mempertimbangkan kebutuhan operasional pengiriman rangkaian KRL untuk keberangkatan pada esok paginya," kata Wiwik dalam keterangan pers, Jumat (18/12/2020), dikutip dari Kompas.com.

Dengan perubahan jam operasional tersebut, maka jumlah rangkaian kereta yang dioperasikan per hari menjadi 91 rangkaian.

Selain itu, PT KCI juga tidak akan menambah jam operasional maupun rangkaian tambahan pada malam pergantian tahun baru pada akhir tahun 2020 ini.

Hal ini untuk menyesuaikan anjuran pemerintah yang menyarankan masyarakat untuk tidak melakukan perayaan pergantian tahun dengan keramaian atau membuat kerumunan, karena untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Kemudian juga merujuk pada Instruksi Gubernur DKI Jakarta nomor 64 tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengendalian Kegiatan Masyarakat dalam Pencegahan Covid-19 di masa libur Hari Raya Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, serta aturan teknisnya dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Nomor 219 tahun 2020.

“Kami mengajak masyarakat khususnya pengguna KRL untuk mengikuti imbauan dari pemerintah untuk beraktivitas seperlunya dan tidak mengikuti kerumunan pada masa libur Natal dan Tahun Baru ini."

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Imbau Hentikan Sebutan Kadrun dan Kampret

"Dengan penyesuaian jam operasional KRL mengikuti aturan yang berlaku, para pengguna kami ajak merencanakan perjalanan dengan baik dan keluar rumah hanya untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak," ujar Wiwik.

Selama masa angkutan Natal dan Tahun baru kali ini, protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL commuterline tetap berlaku. Protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan) juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas di stasiun maupun di dalan KRL.

Mari bersama-sama kita disiplin mengikuti protokol kesehatan untuk menghambat penyebaran protokol Covid-19,” kata Wiwik.

Selain protokol kesehatan, KAI Commuter menyiapkan 28 loket portabel yang tersebar di 13 stasiun, sebagai berikut.

1. Stasiun Tanah Abang
2. Stasiun Bogor
3. Stasiun Jakarta Kota
4. Stasiun Bekasi
5. Stasiun Cikarang

6. Stasiun Rangkasbitung
7. Stasiun Kemayoran
8. Stasiun Depok
9. Stasiun Depok Baru
10. Stasiun Lenteng Agung

11. Stasiun Pasar Minggu
12. Stasiun Manggarai
13. Stasiun Bojong Gede



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x