Kompas TV nasional peristiwa

Isu Indonesia Buka Hubungan Diplomatik dengan Israel, Ini Kata Menlu Retno

Kompas.tv - 16 Desember 2020, 13:22 WIB
isu-indonesia-buka-hubungan-diplomatik-dengan-israel-ini-kata-menlu-retno
Menlu Retno Marsudi dalam sebuah keterangan pers di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta. (Sumber: Kemlu RI)
Penulis : Switzy Sabandar

JAKARTA, KOMPAS.TV- Isu Indonesia yang akan menormalisasi hubungan dengan Israel membuat Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi angkat bicara. Menurut Menlu Retno, sampai saat ini Indonesia tidak berniat untuk membuka hubungan diplomatik dengan Israel.

Ia menegaskan pernyataan ini sudah sesuai arahan presiden Joko Widodo.

Isu normalisasi hubungan diplomatik Indonesia dan Israel pertama kali disebarluaskan media Jerusalem Post. Di media itu disebutkan kemungkinan Oman dan Indonesia akan menjadi negara selanjutnya yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga: Menlu Retno: Vaksin Covid-19 Harus Dapat Diakses dan Adil Bagi Semua Bangsa

Identifikasi sumber diplomatik menyatakan Oman dan Indonesia sebagai dua negara yang pembicaraannya telah mengalami kemajuan dan akan mengumumkan normalisasi sebelum Presiden AS Donald Trump meninggalkan jabatannya pada 20 Januari 2021.

“Sampai sekarang Indonesia memberikan dukungan besar terhadap kemerdekaan Palestina,” ujar Menlu Retno, seperti yang dikutip dari Kompas.com, Rabu (16/12/2020).

Menlu Retno menyebutkan dukungan Indonesia untuk kemerdekaan Palestina berdasarkan sejumlah parameter internasional dan two-state solution yang sudah disepakati. Hal ini dijalankan secara konsisten.

Baca Juga: Menlu Retno Marsudi Dukung Penuh Investasi AS di Indonesia, Termasuk di Natuna

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x