Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Retno Marsudi Dukung Penuh Investasi AS di Indonesia, Termasuk di Natuna

Kamis, 29 Oktober 2020 | 14:05 WIB
menlu-retno-marsudi-dukung-penuh-investasi-as-di-indonesia-termasuk-di-natuna
Menlu AS Mike Pompeo bertemu dengan Menlu RI Retno Marsudi di Kantor Kementerian Luar Negeri, Jakarta, Kamis (29/10/2020). (Sumber: Associated Press)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo berkunjung ke Indonesia. Dalam pertemuan dengan mitranya di Indonesia, Menlu RI Retno Marsudi, salah satu yang menjadi pembahasan adalah bidang ekonomi.

Menlu Retno mendukung AS untuk meningkatkan investasi di Indonesia, termasuk untuk peningkatan ekonomi di pulau terdepan Indonesia seperti di Pulau Natuna.

Selain itu, kedua negara sepakat untuk memperkuat kerja sama ekonomi, khususnya untuk memperkuat rantai pasokan global demi mempercepat pemulihan ekonomi di tengah pandemi.

Baca Juga: Menlu AS Kunjungi Indonesia, Keamanan Laut Cina Selatan Menjadi Sorotan

Pada bulan Oktober 2020, perusahaan AS Kimberly-Clark melakukan akuisisi Softex Indonesia senilai AS$ 1,2 miliar (hampir Rp 700 miliar).

Selain itu, pada awal tahun ini, Air Products yang berbasis di Pennsylvania mengumumkan investasi senilai AS$ 2 miliar (Rp 29.4 triliun) untuk menciptakan fasilitas produksi kelas dunia di Kalimantan untuk produksi bahan baku kimia methanol.

Di bidang kesehatan AS memberikan AS$ 11 juta atau sekitar Rp 162.3 miliar untuk bantuan terkait Covid-19 dan menyumbang sekitar 1.000 ventilator.

Penulis : Tussie Ayu

1
2



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
05:48
GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TARGETKAN STADION PERSIJA RAMPUNG PADA 2021   PEMKOT MALANG AKAN REVITALISASI TIGA PASAR RAKYAT PADA 2021   KEMENDIKBUD: PENDIDIKAN ANAK USIA DINI UNTUK KESIAPAN KEHIDUPAN ANAK YANG LEBIH BAIK   MENDIKBUD NADIEM MAKARIM: SEKOLAH TATAP MUKA HARUS SEIZIN PERWAKILAN ORANGTUA   PEMKAB MANGGARAI BARAT, NTT, AJUKAN BANTUAN BAGI 1.000 KELOMPOK USAHA BERSAMA (KUBE) KE KEMENSOS UNTUK 2021   SATGAS COVID-19 DENPASAR LIBATKAN TNI-POLRI CEGAH KERUMUNAN DI PILKADA 2020   SATGAS COVID-19 TAK IZINKAN JAZZ GUNUNG DIGELAR MESKI BROMO ZONA HIJAU   SATGAS COVID-19 MINTA MASYARAKAT TETAP WASPADA JELANG LIBUR PANJANG AKHIR TAHUN   JUBIR SATGAS COVID-19 WIKU ADISASMITO PASTIKAN PERSIAPAN VAKSIN UNTUK PENANGANAN KORONA BERJALAN BAIK   MENRISTEK BAMBANG BRODJONEGORO DORONG PENGUATAN EKOSISTEM RISET DAN INOVASI NASIONAL   KEMENTERIAN KELAUTAN DAN PERIKANAN SEBUT UU CIPTA KERJA PERMUDAH USAHA PENGOLAHAN IKAN   KEMENPERIN MINTA SDM INDUSTRI ADAPTIF DI TENGAH DISRUPSI TEKNOLOGI   KEMENPERIN SIAPKAN STRATEGI BANGUN SDM INDUSTRI YANG KOMPETEN UNTUK TINGKATKAN DAYA SAING   MENDESA PDTT: DANA DESA BOLEH DIGUNAKAN APA SAJA SELAMA TIDAK BERTENTANGAN DENGAN UU YANG BERLAKU