Kompas TV entertainment lifestyle

Dindingnya Dilukis Mural Seniman Besar Banksy, Pemilik Rumah di Bristol Tunda Rencana Menjual Rumah

Kompas.tv - 13 Desember 2020, 05:02 WIB
dindingnya-dilukis-mural-seniman-besar-banksy-pemilik-rumah-di-bristol-tunda-rencana-menjual-rumah
Mural terbaru Banksy berjudul Aachoo !! yang muncul di dinding di Bristol, Inggris, Kamis 10 Desember 2020. Mural terbaru Banksy telah menunda tetapi tidak menggagalkan rencana pemilik rumah untuk menjual setelah karya seni tersebut baru-baru ini muncul di dinding eksterior rumah. (Sumber: Claire Hayhurst/PA via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo

LONDON, KOMPAS TV – Lukisan Mural terbaru seniman besar Inggris Banksy membuat pemilik rumah – yang dinding luar rumahnya dilukis oleh Banksy – menunda rencana untuk menjual rumah mereka seperti dilaporkan Associated Press Sabtu (12/12/2020)

Karya seniman mural terkenal Inggris yang merahasiakan identitas dirinya itu berjudul "Aachoo !!" (atau haatsyi!)  - Menggambarkan seorang wanita tua bersin sehingga gigi palsu wanita itu melesat ke udara, sementara tas tangan serta tongkat berjalannya juga ikut terlempar.  

Mural itu berada di dinding luar sebuah rumah di persimpangan Vale Street dan Park Street di area Totterdown kota Bristol di Inggris bagian barat.

Efek yang dihasilkan adalah bersinnya terlihat seperti merobohkan bangunan.

Baca Juga: Seniman Muda Kampanyekan Taat Protokol Kesehatan Melalui Seni Mural

Mural terbaru Banksy berjudul Aachoo !! yang muncul di dinding di Bristol, Inggris, Kamis 10 Desember 2020. Mural terbaru Banksy telah menunda tetapi tidak menggagalkan rencana pemilik rumah untuk menjual setelah karya seni tersebut baru-baru ini muncul di dinding eksterior rumah. (Sumber: Claire Hayhurst/PA via AP)

Media Inggris melaporkan bahwa pemiliknya, yang sebelumnya memasang tanda "dijual" di luar rumah, menarik diri dari penjualan, karena karya seni Banksy dapat membuat nilai properti melonjak.

Walau begitu, anak pemilik rumah yang bernama Nick Makin kepada BBC hari Sabtu (12/12/2020) mengatakan tidak benar Ibunya, Aileen Makin, membatalkan rencana untuk menjual rumahnya.

“Tentu mural itu menaikkan harga, dan anda harus hening sejenak agar dapat memikirkan hal itu, namun tentu tidak mengubah rencana kami menjual rumah itu,” tegas Makin.

Makin mengatakan penjualan rumahnya ditunda 48 jam sementara keluarganya berupaya memastikan bagaimana agar mural tersebut dapat terjaga dan terlindungi.

Baca Juga: Keren! Kampanye Cegah Corona Pakai Lukisan Mural

Banksy mengumumkan karya terbarunya itu di website dan instagram miliknya, serta juru bicara Banksy memastikan bahwa Banksy-lah pencipta mural tersebut.

Banksy yang kelahiran Bristol memulai karir sebagai pelukis mural di kota tersebut, dan setelah itu menjadi salah satu seniman paling terkenal di dunia. Karyanya sarat dengan pesan dan tidak berbatas pada medium seni konvensional.

Kerap kali Banksy memilih lokasi muralnya di banyak negara berdasarkan tema yang akan diusung, dan terkenal mampu memadukan lingkungan di sekitar, sekaligus tempat lukisan muralnya menjadi suatu karya seni yang utuh, sarat pesan dan bermutu tinggi dengan tingkat kesulitan teknis yang luar biasa.

Selama ini Banksy merahasiakan identitasnya, dan publik Inggris serta seluruh dunia selalu penasaran dan mencari tau siapa Banksy sebenarnya.

Terdapat seorang tokoh bidang seni dan ekonomi kreatif di Indonesia yang kabarnya memiliki koleksi karya non-mural Banksy sejak seniman besar Inggris itu belum terkenal. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x