Kompas TV internasional kompas dunia

Manfaatkan Teknologi Drone Untuk Basmi Sarang Tawon, Kreatif!

Kompas.tv - 12 Desember 2020, 22:18 WIB
manfaatkan-teknologi-drone-untuk-basmi-sarang-tawon-kreatif
Dua orang relawan tengah mempersiapkan sebuah drone yang dilengkapi dengan pipa semprot pelempar api dan bensin untuk membasmi sarang tawon di desa di daerah Zhong dekat kota Chongqing, China. Foto diambil pada 10 Desember 2020. (Sumber: Blue SkyRescue via AP )
Penulis : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV – Ada beragam cara kreatif memanfaatkan teknologi. Dilansir dari Associated Press, Sabtu (12/12), di China tengah, sebuah drone disulap menjadi mesin terbang penyemprot api untuk membasmi ratusan sarang tawon.

Blue Sky Rescue, kelompok relawan yang melakukan upaya pencarian dan penyelamatan, juga pekerjaan darurat lainnya, bekerja sama dengan para penduduk desa di Zhong dekat kota Chongqing, China. Menggalang dana hingga terkumpul 80.000 yuan atau hampir 173 juta rupiah, mereka membeli sebuah drone dan melengkapinya dengan tangki bensin dan pipa semprot sepanjang 1 meter.

Baca Juga: Sarang Jatuh, Lima Warga Disengat Tawon

Sebuah rekaman video yang dilansir Blue Sky memperlihatkan misi terbaru mereka memanfaatkan drone yang memiliki 6 baling-baling itu. Drone tersebut melayang ringan di atas sebuah sarang tawon sebesar koper sebelum kemudian menukik ke bawah dan menyemprotkan api ke sarang tawon raksasa tersebut.

Drone yang dilengkapi dengan pipa penyemprot api berbahan bakar bensin tengah beraksi membasmi sarang tawon di desa daerah Zhong dekat kota Chongqing, China, Kamis (10/12). (Sumber: Blue SkyRescue via AP )

Baca Juga: 12 Orang Diserang Tawon, 2 Orang Meninggal Dunia

Keberhasilan upaya membasmi sarang tawon itu dimuat dalam sebuah artikel pemberitaan media setempat. “Sarang tawon yang terbakar itu perlahan terlepas dan jatuh ke tanah, dan para warga sekitar bertepuk tangan dan mengelu-elukan tim penyelamat,” begitu tulisan artikel tersebut.

Baca Juga: Geger, Kakek 60 Tahun Tewa Diserang Ratusan Tawon

Artikel itu juga mengutip seorang warga yang berterima kasih pada tim Blue Sky yang telah membantu penduduk desa membasmi sarang tawon. “Sekarang kami tidak perlu khawatir disengat tawon lagi,” ucap sang warga lega.

Baca Juga: Damkar Musnahkan Sarang Tawon yang Tewaskan Warga dengan "Blower" Khusus

Sejauh ini, tim Blue Sky telah membasmi 11 sarang tawon. Masih ada lebih dari 100 sarang tawon lagi yang perlu dibasmi. Semangats!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x