Kompas TV regional update corona

Buntut Kerumunan Penonton Sepak Bola di Kota Serang, Seorang Kapolsek Dicopot

Kompas.tv - 3 Desember 2020, 23:41 WIB
buntut-kerumunan-penonton-sepak-bola-di-kota-serang-seorang-kapolsek-dicopot
Penonton sepak bola tampak berkerumun padat di lapangan Glora Graha Ciboga, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten. (Sumber: KOMPAS.com/RASYID RIDHO)
Penulis : Deni Muliya

SERANG, KOMPAS.TV - Ajun Komisaris Polisi (AKP) Kasmuri harus rela melepas jabatannya dari Kapolsek Walantaka.

Sebab, berdasarkan Surat Telegram dari Polda Banten dengan nomor ST/1032/XII/KEP./2020, AKP Kasmuri wajib diberhentikan dari Kapolsek Walantaka dan diberi jabatan sebagai Kasubbagdalops Bagops Polres Serang Kota.

Baca Juga: Jadi Contoh, Ibu Kapolsek Ini Disiplin Protokol Kesehatan 3M

Sementara posisi Kapolsek Walantaka digantikan oleh AKP Sudibyo Hadi yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolsek Serang.

Pasalnya, hal tersebut diberlakukan pasca terjadinya kerumunan penonton sepak bola antar kampung di Lapangan Glora Graha Cibogo, Kelurahan Nyapah, Kecamatan Walantaka, Kota Serang. Rabu (2/12/2020) kemarin.

"Mutasi Kapolsek ini kewenangan Polda, ini kebijakan pimpinan, kami hanya menjalankan tugas," ujar Kapolres Serang Kota, AKBP Yunus Hadith Pranoto kepada awak media, Kamis (3/12/2020). 

Yunus menjelaskan, salah satu pertimbangan pergantian Kapolsek Walantaka adalah pembiaran terhadap adanya kerumunan penonton sepak bola. 

"Mungkin ada pertimbangan (terjadinya kerumunan) karena keputusan (mutasi) kewenangannya dari polda, mungkin ada evaluasi terkait kinerja," tutur Yunus. 

Peristiwa kerumunan penonton sepak bola menjadi pelajaran bagi polisi, dan ia berharap kejadian serupa tidak terulang. 

"Tentunya ini perhatian dari kita, evaluasi bagi kita dan tìdak berharap ini terjadi kembali di wilayah Serang Kota," katanya.

Baca Juga: Kapolsek Merauke Kota Disiplin 3M saat Bekerja dan di Rumah

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi di jajaran hingga tingkat paling bawah pasca-terjadinya kerumunan penonton sepak bola di Kota Serang. 

"Polda Banten akan lakukan evaluasi jajaran hingga tingkat terbawah," ujar Edy Sumardi saat dikonfirmasi di Kota Serang, Banten, Kamis (3/12/2020). 

Edy menyayangkan terjadinya kerumunan orang dalam pertandingan sepak bola tersebut.

Kapolsek Walantaka yang baru, AKP Sudibyo mengatakan bahwa dirinya siap meneruskan tugas sebelumnya yang diemban oleh AKP Kasmuri. 

Langkah selanjutnya akan melakukan kerja sama dengan Muspika untuk menertibkan disiplin masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x