Kompas TV nasional hukum

Ferdinand Hutahaean Siap Hadapi Putri Jusuf Kalla: Saya Juga Punya Hak untuk Melaporkan Balik

Kompas.tv - 3 Desember 2020, 09:18 WIB
ferdinand-hutahaean-siap-hadapi-putri-jusuf-kalla-saya-juga-punya-hak-untuk-melaporkan-balik
Ketua DPP Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/7/2018). (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIAN ERDIANTO)
Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS TV - Mantan politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan dirinya siap menghadapi proses hukum setelah dilaporkan ke Bareskrim Polri pada Rabu (2/12/2020).

Adalah Muswira Jusuf Kalla, putri ketiga dari Wakil Presiden Jusuf Kalla yang melaporkan Ferdinand ke polisi. Laporan itu terdaftar dengan nomor ST/407/12/2020/Bareskrim.

“Saya menghormati proses hukum ini. Saya akan memberikan klarifikasi jika diminta klarifikasi dan memberikan keterangan diminta,” kata Ferdinan dikutip dari Tribunnews.com, Rabu (2/12/2020).

Baca Juga: Jusuf Kalla: Banyaknya Massa Rizieq Ini karena Para Pemimpin dan DPR Tak Serap Aspirasi Rakyat

Ferdinand mengaku siap bertanggung jawab atas semua yang telah dilakukannya. Terutama soal cuitannya di media sosial Twitter.

“Saya bertanggung jawab atas semua yang saya lakukan,” ujar Direktur Eksekutif Energi Watch Indonesia (EWI) itu.

Namun demikian, Ferdinand mengingatkan bahwa dirinya juga punya hak hukum yang sama seperti Muswira Jusuf Kalla.

Sebagai warga negara, kata dia, dirinya juga berhak melaporkan balik Muswira Jusuf Kalla jika nantinya laporan itu tidak terbukti benar dan palsu.

“Jangan lupa, saya juga punya hak sebagai warga negara. Apabila nanti ini ternyata palsu atau tidak benar, saya juga kan punya hak hukum untuk melaporkan balik,” ucap Ferdinand Hutahaean.

Baca Juga: Proses Hukum di Polda Metro dan Jabar Tetap Berjalan Meski Rizieq Sudah Minta Maaf

“Tetapi saya orangnya sebenarnya tidak suka melapor-laporkan begini. Tapi biarlah proses hukum berjalan."

Ferdinand menuturkan, dirinya saat ini lebih memikirkan bagaimana negara ini keluar dari masalah Covid-19 dan intoleransi yang semakin menajam.

"Saya ingin agar Republik ini bisa jaya dan makmur serta Sejahtera rakyatnya ke depan. Itu yang sedang saya pikirkan,” ucap Fedinand

Lebih lanjut, Ferdinand mengaku heran atas pelaporan puteri Jusuf Kalla karena dirinya merasa tidak pernah menyebut dan melakukan perbuatan negatif terhadap pribadi dan keluarganya di media sosial.

“Saya kaget, agak heran juga kok bisa pelapor ini merasa dirinya, keluarganya saya perbincangkan, saya fitnah, saya serang kehormatannya di media sosial," ujaarnya.

Baca Juga: Gatot Nurmantyo Bela Rizieq Shihab Soal Kerumunan: Kalau Memang Negara Ini Adil, Semua Diperiksa

"Padahal saya sama sekali tidak pernah melakukan seperti yang dituduhkan."

Namun, Ferdinand mengaku masih belum tahu persis bagian mana dari percakapannya di media sosial yang dilaporkan Muswira Jusuf Kalla ke Bareskrim Polri.

“Saya merasa tidak pernah mengganggu keluarganya, tidak pernah menyebut keluarganya, melakukan sesuatu perbuatan yang negatif, tidak sama sekali," kata dia.

"Saya juga belum tahu persis bagian mana yang dilaporkan sebetulnya. Katanya dituduh mencemarkan dan mengganggu kehormatan keluarga Jusuf Kalla,” kata Ferdinand Hutahean.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x