Kompas TV internasional kompas dunia

Jokowi Pidato di Forum KTT G20, Pasca Pandemi Perlu Adanya Transformasi Besar

Minggu, 22 November 2020 | 23:12 WIB
jokowi-pidato-di-forum-ktt-g20-pasca-pandemi-perlu-adanya-transformasi-besar
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu, (22/11/2020). (Sumber: YouTube: Sekretariat Presiden)

BOGOR, KOMPAS.TV - Saat menyampaikan pidatonya melalui konferensi video pada Sesi II Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, pemulihan pandemi bisa diwujudkan jika terdapat visi, aksi, dan perubahan besar.

"Hal ini bisa diwujudkan jika terdapat visi besar, aksi besar, dan perubahan besar. Big vision, big action, and big transformation," ujar Presiden Jokowi dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Minggu, (22/11/2020).

Baca Juga: Di KTT G-20, Presiden Jokowi Dorong Akses Vaksin Corona Dibuka untuk Semua Negara

Sejalan dengan tema pertemuan, Jokowi menuturkan, pasca pandemi nanti Indonesia ingin membangun ekonomi yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan tangguh. Untuk itu, pembenahan fundamental mutlak dilakukan. 

"Indonesia juga ingin melakukan transformasi besar. Menjadi komitmen Indonesia untuk menuju ekonomi lebih hijau dan berkelanjutan. Geliat pemulihan ekonomi tidak boleh lagi mengabaikan perlindungan terhadap lingkungan," tutur Jokowi.

Menurut Jokowi, saat ini momentum mendorong ekonomi hijau. 

World Economic Forum menyebut, potensi ekonomi hijau sangat besar, di mana terdapat peluang bisnis sebesar US$10,1 triliun dan 395 juta lapangan pekerjaan baru hingga tahun 2030.

Penulis : Deni Muliya


BERITA UTAMA




BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
08:11
PM SELANDIA BARU JACINDA ARDERN: “LOCKDOWN” DI AUCKLAND BERLANGSUNG SELAMA 7 HARI KE DEPAN   PM SELANDIA BARU JACINDA ARDERN KEMBALI “LOCKDOWN” KOTA AUCKLAND SETELAH TERDETEKSI SATU KASUS COVID-19   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA TNI-POLRI SIAPKAN STRATEGI HADAPI PROPAGANDA KKB   RSUD DAN GEDUNG DPRD RUSAK AKIBAT GEMPA BERMAGNITUDO 5,2 YANG GUNCANG HALMAHERA SELATAN PADA JUMAT MALAM   DENSUS 88 TANGKAP SEJUMLAH TERORIS DI JATIM, KABID HUMAS POLDA JATIM: MASIH TERUS DILAKUKAN PENGEMBANGAN   BPBD SIAGAKAN SEJUMLAH PERSONEL UNTUK ANTISIPASI TERJADINYA BENCANA HIDROMETEOROLOGI DI SELATAN JABAR   BPBD: SIAGA BENCANA BANJIR DAN LONGSOR DI SELATAN JABAR PADA 27-28 FEBRUARI 2021   PT JASA MARGA OPTIMISTIS JALAN TOL CINERE-SERPONG SEKSI 1 BISA BEROPERASI PADA AWAL KUARTAL II TAHUN INI   POLRES JAKARTA BARAT GAGALKAN PENYELUNDUPAN 100 KG GANJA DALAM DRUM DI KOTA DEPOK   GUBERNUR DKI ANIES BASWEDAN TARGETKAN 578,8 KILOMETER JALUR SEPEDA DI JAKARTA SELESAI PADA 2030   POLDA SUMATERA UTARA TANGKAP 3 PENGEDAR NARKOBA, 6 KG SABU DISITA   POLDA ACEH USUT INVESTASI BODONG DINAR KHALIFAH, 250 MEMBER SETOR RP 20 M   ANGGOTA KOMISI IX DPR NETTY PRASETIYANI MINTA PEMERINTAH UNGKAP JENIS-JENIS VAKSINASI COVID-19 MANDIRI   KADIN MENGKLAIM SEKITAR 7.000 PERUSAHAAN MENDAFTAR BERPARTISIPASI DALAM VAKSIN MANDIRI